STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Peterongan, Jombang

  • Didin Sirojudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena pendidikan disini adalah proses sosialisasi yakni manusia harus mampu menterjemahkan konsep pendidikan dalam realitas kehidupan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang respek terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Keberadaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang belum banyak mengubah keadaan. Disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, di sebabkan pelajaran umum yang menomorduakan Pendidikan Agama Islam, sehingga guru agama kehilangan nyali untuk terus mengembangkan strategi Pendidikan Agama Islam, kalaupun terkadang potensi itu ada. Dalam pembelajaran sehingga anak didik jelas dengan mata pelajaran yang dianggap menoton dan tidak menoton sehingga mengakibatkan tidak berhasilnya sebuah pembelajaran. Jadi perlu adanya suatu bentuk strategi yang handal, supaya pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah umum menarik minat siswa. Berbicara mengenai strategi pembelajaran PAI di sekolah umum itu tentunya tidak cukup dengan satu strategi, harus ada tidak lanjud dan harmonisasi hubungan antara guru agama dengan guru umum serta masyarakat setempat.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-08

Most read articles by the same author(s)