Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali

Authors

  • Didin Sirojudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.131

Abstract

Pendidikan adalah salah satu unsur dari aspek sosial – budaya yang berperan sangat
strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat dan bangsa. Kesetrategisan peranan
ini pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah
dan berfilsafat, berpikir filsafat berarti berpikir secara mendalam tentang sesuatu. Begitu
pula dengan filsafat pendidikan, maka kita dituntut untuk berpikir secara mendalam
mengenai pendidikan. Seseorang mampu melakukan suatu apapun sebab memiliki ilmu.
Namun, dalam melakukan sesuatu, Islam memberikan batasan-batasan yang semuanya
termaktub dalam syari’at. Sehingga salah satu dari pemikir pendidikan / filosof pendidikan
Islam ini mengatakan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mendasarkan
orientasinya kepada al-Quran dan Hadith. Filosof Muslim ini adalah al-Ghazali, menurut alGozali pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT., bukan untuk mencari
kedudukan yang menghasilkan uang. Karena jika tujuan pendidikan diarahkan bukan pada
mendekatkan diri kepada Allah, akan dapat menimbulkan kedengkian, kebencian dan
permusuhan
Kata kunci : Filsafat, Pendidikan Islam, Al-Ghozali

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-16

How to Cite

Sirojudin, D. (2017). Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 86–107. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.131

Issue

Section

Articles