PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU JAMA’AH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v4i01.368Keywords:
Ibnu Jama’ah, Konsep Pendidikan, KontemporerAbstract
Pendidikan merupakan sesuatu yang universal dan berlangsung terus menerus tak terputus dari generasi ke generasi dimanapun di dunia ini. Skripsi ini adalah hasil dari studi kepustakaan tentang pemikiran Ibnu Jama’ah dan relevansinya terhadap pendidikan kontemporer. Penelitian ini adalah hasil penelitian kepustakaan (library research) Peneliti menggunakan metode deskriptif analisis yang ditunjang oleh datadata yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library research), yakni menelusuri literatur serta menelaah untuk menjawab pertanyaan: bagaimana pemikiran pendidikan Ibnu Jama’ah dan relevansinya terhadap pendidikan kontemporer?. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa, Ibnu Jama’ah adalah ilmuwan ensiklopedis, meskipun perhatiannya terfokus pada ilmu agama. Karya beliau mengenai adab atau etika Tazkirah al-Sami’ wa alMutakallim fi adab al-Alim wa al-Muta’allim, di tulis di awal karir madrasah dan satu-sunya karya tentang pendidikan. Konsep Pendidikan Ibnu Jama’ah antara lain Konsep Guru/Ulama, Peserta Didik, Materi Pelajaran/Kurikulum dan Metode Pembelajaran serta Lingkungan Pendidikan. Meskipun sangat begitu runtut dan luasnya pembahasan, melalui ilmunya tentang pendidikan ini diharapkan pendidikan era kontemporer dapat mengadopsi dan menerapkannya.
Downloads
References
Tim Dosen IKIP Malang, Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, (Malang: Usaha Nasional, 2003)
Ibn Jama’ah, Tahqiq Muhammad Ibn Mahdi al-‘Ajmi, Tazkirat al-Sami’ walMutakallim,Beirut: Dar al-Basyar al-Islami, Beirut: Dar al-Basyar al-Islami
Hasan Asari, Etika Akademis Dalam Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008
Haji Khalifah, Kasyf al-Zunun ‘an Asami al-Kutub wal-Funun, Istanbul: Wakalah al-Ma’arif, 1941-1943
Abd al-Jawwad Khalaf, al-Qadi Badr al-Din Ibnu Jama’ah Hayatuhu wa Asaruhu, Karachi: Jami’ah al-Dirasah al-Islamiyah, 1988
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta (Raja Grafindo Persada, 2001)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta (Kalam Mulia, 1994)
http://em-aziez.blogspot.com/2007/12/ibnu-jamaah.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.