ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v3i2.313Keywords:
Kata kunci: Nilai-nilai Multikultural, Buku Teks PAI dan Budi PekertiAbstract
Indonesia adalah salah satu Negara yang dilihat dari aspek sosiokultur dan geografis
begitu beragam seperti Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Konghucu serta
berbagai aliran kepercayaan. Keragaman apabila tidak disadari bisa menjadi pemicu konflik
dan kekerasan yang dapat menggoyahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara
apabila tidak dikelola dengan tepat dan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
dan mendiskripsikan nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam buku teks siswa
mata pelajaran PAI kelas VII SMP dan ketepatan nlai-nilai multkultural dengan komponen
buku. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
yang bersifat kepustakaan (Library Research) dengan menelaah dokumen yaitu buku teks
siswa PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP. Teknik analisis data meliputi analisis isi (content
analyssi) dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) muatan nilai-nilai
multikultural yang dikembangkan didalam buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP
mencakup 4 nilai yaitu 1) Nilai Tooleransi, 2) Nilai Demokrasi, 3) Nilai
Kesetaraan/kesamaan, 4) Nilai keadilan. (2) Ketepatan dalam mengembangkan nilai-nilai
multikultural pada komponen buku teks siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI)
untuk kelas VII SMP dikatakan kurang tepat. Nilai-nilai multikultural secara keseluruhan
hanya mencapai 21%
Downloads
References
(Boston: Allyn and Bacon, 1989)
(eds), Multikultural Education: Issues and Perspectives (America: Allyn and
Bacon, 1997)
Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia,
2002)
Ibrahim, Ruslan, (2008). Pendidikan Multikultural : Upaya Meminimalisir Konflik dalam
Era Pluralitas Agama.Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi.No. 1.Vol 1.
Kamal, Muhiddinur, Pendidikan Multikultural Bagi Masyarakat Indonsia yang Majemuk,
Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013
Peraturan Pemerintah No. 19/2005 pasal 43
Suhadi, dkk, Politik Pendidikan Agama kurikulum 2013 dan Ruang Publik sekolah, CRCS,
Sekolah Pascasarjana, UGM, 2014
Tilaar, H.A.R., Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi
Reformasi Pendidikan Nasional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Yayasan
Adikarya IKAPI dan Ford Foundation, 1999
Widyastono, Herry, Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah, (Jakarta:
Bumi Aksara, 2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.