Efektivitas Metode Hamidi Terhadap Prestasi Belajar Khat Arab Siswa Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (Sakal) Denanyar Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i1.2305Keywords:
Effectiveness, Achievement, Khat, HamidiAbstract
The problem behind this research is that researchers wish to examine Arabic khot using the Hamidi method, which is currently becoming a trend among the general public. Calligraphy art, which is a form of Islamic art heritage in the form of beautiful writing, is very important until now. This research uses quantitative methods by presenting data in the form of questionnaires, interviews, observation, and documentation in order to obtain research material that will guide the continuity and success of the research. With the data that had been presented, the researcher found that there was effectiveness in learning Arabic khot using the Hamidi method. From the research that has been done, there is a finding that presents the results of the analysis of the effect of the Hamidi method on student achievement of SAKAL in Denanyar Jombang.
Downloads
References
Afifi, Fauzi Salim. Cara Mengajarkan Kaligrafi Pedoman Guru. Jakarta : Darul Ulum Press, 2009.
Ahmadi, Mochammad Ishom. Pengantar Pendidikan Islam. Jombang: Madrasah Muallimin Muallimat, 1995.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogjakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi, 1986.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid 1. Yogjakarta : Andi Offset, 1989.
Laily, et al. "Pengembangan Bahan Ajar Mapel Fiqih Berbasis Komunikatif." Jurnal Education And Development Vol. 9. No. 3. Agustus, 2021.
Nudin, Burhan. â€Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori di Safa Islamic Presschool†Millah : Jurnal Studi Agama Vol 16, No. 1. Agustus, 2016.
Saharah, Evi. “Tari Nyabok di Desa Candi Kecamatan Palmatan Kabupaten Kepulauan Anambasâ€. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2015.
Sugiono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, 2016.
Undang-Undang RI No. 20 2003. Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Wardani, Dian Kusuma, et al. “Pengaruh Penerapan Modul Quran Hadits Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Islamiyah Kepung Kediri.†Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan KeIslaman Vol 6, No. 2. Desember, 2021.
Waqfin, Mohammad Saat Ibnu, et al. "Pelatihan dibidang seni kaligrafi untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dan tenaga pendidik di Mi Al Ihsan Bandarkedungmulyo." Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2. No. 1. April, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.