HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM MENJALANKAN PERATURAN PONDOK PESANTREN AL-MASRURIYYAH TEBUIRENG DIWEK JOMBANG

Authors

  • Waslah Waslah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Qo'id Afifudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1314

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Kedisiplinan, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kecerdasan spiritual yang dimiliki santri. Santri di pandang sebagai individu yang mempunyai karekter yang baik, hal tersebut didukung dengan tinggalnya santri di lingkungan pondok pesantren. Di pondok pesanren santri memperoleh pendidikan yang baik, seperti kesopanan, kedisiplinan, keramahan, kesopanan dan masih banyak sifat baik lainya yang diperoleh santri di pondok pesantren. Namun kedisiplinan santri belum sepenuhnya tercermin pada santri Al-Masruriyyah. Masih ada beberapa santri saat kegiatan dilaksanakan tidak mengikuti kegiatan. Pembina dan pengurus sudah melakukan pengkondisian santri di setiap kamar, tetapi mereka tidak berangkat untuk mengikuti kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual dan kedisiplinan santri dalam menjalankan peraturan di pondok Al-Masruriyyah, serta untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh tingkat kecerdasan spiritual dan kedisiplinan santri di pondok pesantren tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data penelitian, peneliti menggunakan analisis korelasi product moment untuk mendapatkan hasil dari hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Spiritual Santri diperoleh kriteria tinggi, kedisiplinan santri dalam menjalankan peraturan diperoleh kriteria tinggi, serta rhitung dengan jumlah 0,556 lebih besar dari rtabel, sehingga Ha diterima yakni “terdapat hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual dengan kedisiplinan santri dalam menjalankan peraturan Pondok Pesantren Al-Masruriyyah Tebuireng Diwek Jombang”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mubarok, M. K., & Waslah. (2020). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Kesadaran Santri Dalam Menjalankan Peraturan Pondok Pesantren Al Muhajirin 3 Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang, Vol. 3(4), 41–46.
Nasional, D. P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Rahmawati, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, Vol. 10(1), 97–124. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332
Riyanto, M. O. (2015). Peraturan Pondok Pesantren. http://oktamansabo.blogspot.com/2015/06/peraturan-pondok-pesantren.html
Sagala, S. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2), 205–225.
Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2), 1–19.
Syam, A. R. (2015). Manajemen Pendidikan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo). UIN Maulana Malik Ibrahim.
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ Kecerdasan Spiritual (Cet. XI). PT. Mizan Pustaka.

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

Waslah, W., & Afifudin, Q. (2021). HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM MENJALANKAN PERATURAN PONDOK PESANTREN AL-MASRURIYYAH TEBUIRENG DIWEK JOMBANG. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1314

Issue

Section

Articles