STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Peterongan, Jombang

Authors

  • Didin Sirojudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v3i1.228

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Pembelajaran

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena pendidikan disini adalah proses sosialisasi yakni manusia harus mampu menterjemahkan konsep pendidikan dalam realitas kehidupan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut dibutuhkan adanya lembaga pendidikan yang respek terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Keberadaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang belum banyak mengubah keadaan. Disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, di sebabkan pelajaran umum yang menomorduakan Pendidikan Agama Islam, sehingga guru agama kehilangan nyali untuk terus mengembangkan strategi Pendidikan Agama Islam, kalaupun terkadang potensi itu ada. Dalam pembelajaran sehingga anak didik jelas dengan mata pelajaran yang dianggap menoton dan tidak menoton sehingga mengakibatkan tidak berhasilnya sebuah pembelajaran. Jadi perlu adanya suatu bentuk strategi yang handal, supaya pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah umum menarik minat siswa. Berbicara mengenai strategi pembelajaran PAI di sekolah umum itu tentunya tidak cukup dengan satu strategi, harus ada tidak lanjud dan harmonisasi hubungan antara guru agama dengan guru umum serta masyarakat setempat.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, D. Marimba. 1984. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandng: PT Ma’arif.
Ahmad, Tafsir. 1995. Methodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, Abu. 1986. Metodek Khusus Pendidikan Agama (MKPA). Bandung: Arunco.
Abin, Syamsuddin, Makmun. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimayati & Mojiono. 1998. Belajar & Pembelajaran. Jakarta : PT. Reneka Cipta.
Djamaluddin & Abdullah Ali. 1997. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: PT. Pustaka
Setia.
DEPAG, RI. 1999. Al-Qur’an/Terjemahan. Semarang: PT. Toha Putra.
J.J Hasibun & Mojiono. 1996. Proses Belajar Mengaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Ngalim, Purwanto. 1997. Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana. 1983. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Penerbit Baru.
Nur, Unbiyati. 1997. Ilmu Pendidikan Islam 2. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Oemar Malik. 1991. Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: PT. Sinar Baru.
____________. 2001. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta:PT. Bumi Aksara.
Pedoman Pendidikan UIN Malang 2004-2006. Malang: UIN Malang.
Ramayulis. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Kalam Mulia
Sardiman. 1970. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta PT. Rajawali.
Suparno, dkk. 1985. Dimensi-Dimensi Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarat: Graha Ilmia.
Yunus, Namsa. 2000, Methodologi Pengajaran Agama Islam. Ternate: PT. Pustaka Firdaus.

Downloads

Published

2018-09-08

How to Cite

Sirojudin, D. (2018). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi Kasus Di SMP Negeri 3 Peterongan, Jombang. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 61–86. https://doi.org/10.32764/dinamika.v3i1.228

Issue

Section

Articles