PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERTIDAKSAMAAN IRASIONAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY
DOI:
https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.403Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar peserta didik di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang rendah. Akibatnya mempengaruhi hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Penerapan strategi pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang pada materi pertidaksamaan irasional, 2) Hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang setelah penerapan strategi pembelajaran discovery pada materi pertidaksamaan irasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 16 peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang. Penelitian dilaksanakan selama 4 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes. Berdasarkan data dari analisis observasi peserta didik, dapat diketahui motivasi peserta didik tinggi, sehingga peserta didik tekun dan semangat selama kegiatan pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar matematika yang lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran discovery, Motivasi belajar, dan Hasil belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar peserta didik di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang rendah. Akibatnya mempengaruhi hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Penerapan strategi pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang pada materi pertidaksamaan irasional, 2) Hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang setelah penerapan strategi pembelajaran discovery pada materi pertidaksamaan irasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 16 peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang. Penelitian dilaksanakan selama 4 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes. Berdasarkan data dari analisis observasi peserta didik, dapat diketahui motivasi peserta didik tinggi, sehingga peserta didik tekun dan semangat selama kegiatan pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar matematika yang lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran discovery, Motivasi belajar, dan Hasil belajar.