PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BAGI SISWA KELAS X MIA MA-NIZHAMIYAH PLOSO

Authors

  • Nur Tikasari Qomariyah Universirtas KH.A WAHAB HASBULLAH
  • M Farid Nasrulloh
  • Emi Lilawati -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan  pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa kelas X-MIA MA NIZHAMIYAH. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA MA NIZHAMIYAH yang terdiri atas 15 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah adalah hasil belajar siswa melalui tes pada akhir masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya pada materi sistem persamaan linier tiga variabel . Hal ini ditujukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I meningkat 4,7 yaitu dari 55 menjadi 59,7. Sedangkan pada siklus II meningkat sebesar  7,3 yaitu dari 59,7 menjadi 67. Dengan pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : PBL, pemecahan masalah,  SPLTV

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2021-01-31

How to Cite

Qomariyah, N. T., Nasrulloh, M. F., & -, E. L. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BAGI SISWA KELAS X MIA MA-NIZHAMIYAH PLOSO. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(2), 7–12. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/409