Author and Guidelines

PETUNJUK BAGI CALON PENULIS ARTIKEL

JURNAL EDUSCOPE

  1. Artikel yang masuk untuk Jurnal Eduscope merupakan tulisan hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang non-kependidikan dan kependidikan. Naskah diketik pada aplikasi microsoft office, jenis kertas HVS Quarto sepanjang font Liberation Sans Narrow, ukuran 12 pts, spasi 1,5 dengan margin kiri-atas-kanan-bawah 3; 2; 2; 2, dan jumlah halaman artikel maksimal 10 halaman. Naskah bisa dicetak sebanyak 2 eksemplar (berbentuk print-out) dan file naskah dalam bentuk microsoft word jika penulis menghendaki, dengan menghubungi editors Jurnal.
  2. Nama penulis yang dicantumkan tepat di bawah judul tanpa menggunakan gelar akademik. Jika penulisnya lebih dari 3 orang, maka nama penulis yang dicantumkan hanya penulis utama dan penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Kemudian artikel wajib dilengkapi dengan keterangan institusi asal dan alamat email bagi penulis utama untuk memudahkan komunikasi selama proses penyuntingan.
  3. Judul, bagian dan sub-bagian dalam artikel tidak menggunakan penomoran dan dicetak tebal. Judul dan bagian ditulis dengan huruf kapital sedangkan subbagian hanya huruf depan yang ditulis dengan huruf kapital. Kemudian, anak subbagian dicetak miring tebal.
  4. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran adalah: (a) judul (maksimal 12 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak dalam bahasa Indonesia (75 - 150 kata); (d) kata kunci (3-5 kata); (e) abstrak dalam bahasa Inggris (75 - 150 kata) yang diikuti kata kunci dalam bahasa Inggris (3 - 5 kata); (f) pendahuluan yang memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan (maksimum 30% dari keseluruhan isi artikel); (g) metode penelitian (berisi jenis penelitian jika ada); (h) pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (j) daftar pustaka (memuat semua sumber yang dirujuk dalam artikel).
  5. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: (a) judul (maksimal terdiri atas 14 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak dalam bahasa Indonesia yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (75 - 150 kata); (d) kata kunci (3-5 kata); (e) abstrak dalam bahasa Inggris (75 - 100 kata) yang diikuti kata kunci dalam bahasa Inggris (3 - 5 kata); (f) pendahuluan yang memuat latar belakang, rangkuman kajian teoritik, dan tujuan penelitian (maksimum 30% dari keseluruhan isi artikel); (g) metode penelitian (berisi jenis penelitian dan penjelasan singkat tentang langkah-langkah penelitian); (h) hasil dan pembahasan yang berisi bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul); (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (j) daftar pustaka (memuat semua sumber yang dirujuk dalam artikel).
  6. Tabel, gambar dan bagan diberi keterangan nomor dan judul. Ukuran font yaitu 10, dimana judul tabel dan gambar dicetak tebal. Judul tabel diletakkan lurus tepi kiri atas tabel, sedangkan judul gambar diletakkan tengah bawah gambar
  7. Rujukan yang digunakan dalam paparan artikel minimal 80% merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian termasuk skripsi, tesis, disertasi atau artikel-artikel penelitian yang dimuat dalam jurnal atau majalah ilmiah. Daftar rujukan disusun berdasarkan urutan secara alphabet.
  8. Penulisan rujukan dan kutipan menggunakan teknik berkurung dengan menyebut nama penulis dan tahun penerbitan sumber. Pencantuman sumber pada kutipan langsung disertai keterangan halaman sumber kutipan.
  9. Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Contoh penulisan daftar pustaka disusun seperti contoh berikut ini:

Contoh penulisan rujukan dari Buku :

Towne, L., Wise, L & Tina, M. 2005. Advancing Scientific Research in Education. Washington: The National Academies Press.

Contoh penulisan rujukan dari Buku terjemahan :

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Contoh penulisan rujukan dari Buku kumpulan artikel :

Saukah, A. & Waseno, M. G. (Eds). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Contoh penulisan rujukan dari Artikel dalam buku kumpulan artikel :

Romiszowski, A. 2009. Fostering Skill Development Outcome, dalam C. M. Reigeluth, & A. A.Carr-Cheliman (Eds.). Instructional-Design Theories and Models:Building a Common Knowledge Base, Vol.3 (hlm. 199-224), New York: Routledge.

Contoh penulisan rujukan dari Artikel dalam jurnal atau majalah :

Kalyuga, S. & Sweller, J. 2004. Measuring Knowledge to Optimize Cognitive Load Factors During Instruction. Journal of Educational Psychology, 96(3): 558-568.

Contoh penulisan rujukan dari Artikel dalam jurnal online :

Turkmen, H. 2006. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. The Turkish Online Journal of Educational Technology. (Online), 5(2)(http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno, diakses 20 Agustus 2008).

Contoh penulisan rujukan dari Artikel dalam koran:

Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Post, hlm. 4 & 11.

Contoh penulisan rujukan dari Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang) :

Jawa Pos, 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

Contoh penulisan rujukan dari Dokumen resmi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Contoh penulisan rujukan dari Sripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian :

Bisnu, K. 2010. Pengaruh Penggunaan Hypermedia dalam Pembelajaran Menggunakan Strategi Siklus Belajar terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Kimia Siswa SMP yang Memiliki Dua Gaya Belajar Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:  PPS UM.

Contoh penulisan rujukan dari Makalah Seminar, lokakarya, penataran :

Ardhana, W. 2000. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Makalah disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V, Universitas Negeri Malang, Malang, 7 Oktober.

Contoh penulisan rujukan dari Internet (karya individual) :

Hitchcocock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online),  (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey. html, diakses12 Juni 1996).

  1. Semua naskah ditelaah oleh mitra bestari yang ditunjuk oleh dewan penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting.
  2. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer, atau ihwal lain yang yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konskuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.
  3. Penulis yang artikelnya dimuat memperoleh imbalan jurnal Eduscope untuk satu volume terbitan pada tahun yang sama saat artikel penulis tersebut dimuat. Penulis artikel dibebankan biaya pemuatan artikel.

                                                                                                Jombang, 29 Desember 2016

                                                                                              Ketua Redaksi Jurnal EDUSCOPE

                                                                                             Ospa Pea Yuanita Meishanti, M.Pd