MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBATUAN MEDIA PAPROLIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Laila Maghfiroh - Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas
  • M Farid Nasrulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas
  • Khusnul Khotimah -

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i2.401

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media prapolin terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 jombang. Model penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 orang. Hasil nilai rata-rata pretest peserta didik kelas XI IPS 1 sebelum diberikan perlakuan (treatment) adalah 62,125. Sedangkan, nilai rata-rata posttest peserta didik kelas XI IPS 1 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Paprolin adalah 78,79412 dengan ketuntasan klasikal mencapai 94,1%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Paprolin.

Kata Kunci: Model pembelajarn problem based learning, media pembelajaran, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-03-12

How to Cite

-, L. M., Nasrulloh, M. F., & -, K. K. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBATUAN MEDIA PAPROLIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5(2), 68–72. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i2.401