Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

PETUNJUK BAGI CALON PENULIS ARTIKEL


JURNAL EDUSCOPE


 



  1. Artikel yang masuk untuk Jurnal Eduscope merupakan tulisan hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang non-kependidikan dan kependidikan. Naskah diketik pada aplikasi microsoft office, jenis kertas HVS Quarto sepanjang font Liberation Sans Narrow, ukuran 12 pts, spasi 1,5 dengan margin kiri-atas-kanan-bawah 3; 2; 2; 2, dan jumlah halaman artikel maksimal 10 halaman. Naskah dicetak sebanyak 2 eksemplar (berbentuk print-out) dan file naskah dalam bentuk microsoft word. File dikirim ke alamat: unwaha@yahoo.co.id.


 



  1. Nama penulis yang dicantumkan tepat di bawah judul tanpa menggunakan gelar akademik. Jika penulisnya lebih dari 3 orang, maka nama penulis yang dicantumkan hanya penulis utama dan penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Kemudian artikel wajib dilengkapi dengan keterangan institusi asal dan alamat email bagi penulis utama untuk memudahkan komunikasi selama proses penyuntingan.


 



  1. Judul, bagian dan subbagian dalam artikel tidak menggunakan penomoran dan dicetak tebal. Judul dan bagian ditulis dengan huruf kapital sedangkan subbagian hanya huruf depan yang ditulis dengan huruf kapital. Kemudian, anak subbagian dicetak miring tebal.


 



  1. Sistematika penulisan artikel hasil pemikiran adalah: (a) judul (maksimal 12 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak dalam bahasa Indonesia (75 – 150 kata); (d) kata kunci (3-5 kata); (e) abstrak dalam bahasa Inggris (75 – 150 kata) yang diikuti kata kunci dalam bahasa Inggris (3 – 5 kata); (f) pendahuluan yang memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan (maksimum 30% dari keseluruhan isi artikel); (g) metode penelitian (berisi jenis penelitian jika ada); (h) pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (j) daftar pustaka (memuat semua sumber yang dirujuk dalam artikel).


 



  1. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: (a) judul (maksimal terdiri atas 14 kata); (b) nama penulis (tanpa gelar akademik); (c) abstrak dalam bahasa Indonesia yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (75 – 150 kata); (d) kata kunci (3-5 kata); (e) abstrak dalam bahasa Inggris (75 – 100 kata) yang diikuti kata kunci dalam bahasa Inggris (3 – 5 kata); (f) pendahuluan yang memuat latar belakang, rangkuman kajian teoritik, dan tujuan penelitian (maksimum 30% dari keseluruhan isi artikel); (g) metode penelitian (berisi jenis penelitian dan penjelasan singkat tentang langkah-langkah penelitian); (h) hasil dan pembahasan yang berisi bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul); (i) simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa subjudul); dan (j) daftar pustaka (memuat semua sumber yang dirujuk dalam artikel).

  2. Tabel, gambar dan bagan diberi keterangan nomor dan judul. Ukuran font yaitu 10, dimana judul tabel dan gambar dicetak tebal. Judul tabel diletakkan lurus tepi kiri atas tabel, sedangkan judul gambar diletakkan tengah bawah gambar

  3. Rujukan yang digunakan dalam paparan artikel minimal 80% merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian termasuk skripsi, tesis, disertasi atau artikel-artikel penelitian yang dimuat dalam jurnal atau majalah ilmiah. Daftar rujukan disusun berdasarkan urutan secara alphabet.

  4. Penulisan rujukan dan kutipan menggunakan teknik berkurung dengan menyebut nama penulis dan tahun penerbitan sumber. Pencantuman sumber pada kutipan langsung disertai keterangan halaman sumber kutipan.

  5. Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Contoh penulisan daftar pustaka disusun seperti contoh berikut ini:


 


Buku


Towne, L., Wise, L & Tina, M. 2005. Advancing Scientific Research in Education. Washington: The National Academies Press.


Buku terjemahan


Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.


Buku kumpulan artikel


Saukah, A. & Waseno, M. G. (Eds). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.


Artikel dalam buku kumpulan artikel


Romiszowski, A. 2009. Fostering Skill Development Outcome, dalam C. M. Reigeluth, & A. A.Carr-Cheliman (Eds.). Instructional-Design Theories and Models:Building a Common Knowledge Base, Vol.3 (hlm. 199-224), New York: Routledge.


Artikel dalam jurnal atau majalah


Kalyuga, S. & Sweller, J. 2004. Measuring Knowledge to Optimize Cognitive Load Factors During Instruction. Journal of Educational Psychology, 96(3): 558-568.


Artikel dalam jurnal online


Turkmen, H. 2006. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. The Turkish Online Journal of Educational Technology. (Online), 5(2), (http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno, diakses 20 Agustus 2008).


Artikel dalam koran:


Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Post, hlm. 4 & 11.


Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang)


Jawa Pos, 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.


Dokumen resmi


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pt Armas Duta Jaya.


Sripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian


Bisnu, K. 2010. Pengaruh Penggunaan Hypermedia dalam Pembelajaran Menggunakan Strategi Siklus Belajar terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Kimia Siswa SMP yang Memiliki Dua Gaya Belajar Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:  PPS UM.


Makalah Seminar, lokakarya, penataran


Ardhana, W. 2000. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Makalah disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V, Universitas Negeri Malang, Malang, 7 Oktober.


Internet (karya individual)


Hitchcocock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey. html, diakses12 Juni 1996).



  1. Semua naskah ditelaah oleh mitra bestari yang ditunjuk oleh dewan penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting.

  2. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer, atau ihwal lain yang yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konskuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

  3. Penulis yang artikelnya dimuat memperoleh imbalan jurnal Eduscope untuk satu volume terbitan pada tahun yang sama saat artikel penulis tersebut dimuat. Penulis artikel dibebankan biaya pemuatan artikel.


 


 


 


 


 


 


 


                                                                                                Jombang, 29 Desember 2016


                                                                                    Ketua Redaksi Jurnal EDUSCOPE


 


 


 


 


                                                                                      Ospa Pea Yuanita Meishanti, M.Pd