Pengembangan Buku Ajar Peserta Didik (BAPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Protista SMA Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Authors

  • Rossanita Truelovin Hadi Putri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Moch. Faizul Huda Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.3362

Abstract

ABSTRACT

Kingdom Protist is one of the materials in biology that can be learned through observation. The Protista material can be taught through inquiry-based learning to train creative thinking skills. The purpose of this research is to describe the development of Student Textbooks (BAPD) based on inquiry in Protist material of SMA Class X. The development of BAPD refers to the 4D model which consists of the Define, Design, Develop and Disseminate, but without Disseminate phase. The research instrument is in the form of validation sheets and practicality sheets. The results of developing textbooks show the validity of BAPD is 94.7% with the interpretation were very feasible and practicality is 99.3% with the interpretation were very good. Based on the results of this assessment it can be concluded that the inquiry-based BAPD on Protista material is declared valid and practical to use on students.

KEYWORDS: student textbook, inquiry, protist, creative thinking skill

 

ABSTRAK

Kingdom Protista merupakan salah satu materi biologi yang dipelajari dengan metode pengamatan. Materi Protista tersebut dapat diajarkan melalui pembelajaran berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengembangan Buku Ajar Peserta Didik (BAPD) berbasis inkuiri materi Protista SMA kelas X. Pengembangan BAPD mengacu pada model 4D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan lembar kepraktisan. Hasil pengembangan buku ajar menunjukkan validitas BAPD sebesar 94,7% dengan kategori valid dan kepraktisan sebesar 99,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa BAPD berbasis inkuiri pada materi Protista dinyatakan valid dan praktis digunakan pada peserta didik.

KATA KUNCI: buku ajar peserta didik, inkuiri, protista, berpikir kreatif

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Putri, R. T. H., Meishanti, O. P. Y., & Huda, M. F. (2023). Pengembangan Buku Ajar Peserta Didik (BAPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Protista SMA Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(2), 1–14. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.3362

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>