PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.380Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar, guru sering menghadapi masalah umum di mana prestasi siswa tidak sebaik yang mereka inginkan. Di SMP Bandarkedungmulyo, para siswa termotivasi untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, tetapi kenyataannya kebanyakan dari mereka kurang berpartisipasi dan tidak memperhatikan pelajaran, hanya sedikit dari mereka yang aktif di kelas. Secara umum, tes dilakukan untuk memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur skor siswa, untuk mengetahui efektivitas proses belajar mengajar, perbedaan skor sebelum dan sesudah melakukan kuis, dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa tentang kuis yang diberikan dalam materi terakhir terutama tentang mengelola lingkungan bagaimana menanggulangi kerusakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Prosedur penelitian dalam dua siklus, yaitu persiapan termasuk observasi, analisis kurikulum, analisis materi, dan instrumen persiapan. Siklus kedua adalah implementasi Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division dengan memberikan kuis pada materi terakhir. Pretest dilakukan sebelum proses belajar mengajar, sedangkan posttest dilakukan setelahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor siswa meningkat setelah melakukan tes 34 siswa (89,47%) berhasil dengan tuntas sedangkan 4 siswa tidak. Tanggapan para siswa baik sekali karena mereka antusias dalam proses belajar mengajar setelah diberikan tes pada materi terakhir.
KATA KUNCI: Pengaruh kuis, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, hasil belajar
ABSTRACT
In teaching learning process, teachers often face common problem where the students achievements are not as well as they want. In Bandarkedungmulyo junior high school, the students are motivated to be active in asking and aswering questions, but the fact is most of them are less participation and don’t pay attention to the lesson, just little of them being active in class. Generally, test is done to motivate students. This research aims to measure the students’ score, to know the effectiveness of teaching learning process, the differenciation of score before and after doing quiz, and also to know the students’ responses about the quiz given in the last material especially about envirenment management to solve environmental damage. This research uses experimental method by One-Group Pretest-Posttest design. The research procedurel are in two cycles, that are preparation including observation, curriculum analysis, material analysis, and preparing instrument. The second cycle is the implementation of Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division by given quiz in the last material. Pretest is done before the teaching learning process, while posttest is done after. The result of this research shows that the students’ score are increasing after doing test 34 students (89,47%) are thorough successfully while 4 students are not. The students’ responses is good enaugh because they are enthusiastic in the teaching learning process after being given test in the last material.
KEYWORD: effect quiz, Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division, learning outcomes