Epistemologi Keilmuan Pesantren Pendekatan Multidisipliner
Keywords:
Epistemology, Pesantren, MultidisciplinarityAbstract
This article has described the epistemology of science in education in the Tarbiyatul Muallimien al-Islamiyah (TMI) Al-Amien Prenduan Islamic boarding school curriculum. The conclusion of this research is that the educational curriculum at TMI used is a multidisciplinary approach with an interconnected model of scientific epistemology. From ethics, by cultivating morals through studying moral books, such as Ta'lim Mutaallim and Ihya' Ulum ad-Din, as well as teaching material that trains reasoning and logic such as Logic, Ushul Fiqh and Musthalah Hadith subject matter, and research and practical lessons writing scientific papers. To strengthen the field of aesthetics, students are provided with interest groups and Puspagatra media as a center for creativity and development of their talents and interests.
Downloads
References
Alim, M. N., Umroh, M., & Khoreunnisa. (2019). Penguatan Pemikiran Ilmiah Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja di SMA Negeri 2 Semarang. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/index
Bahrum. (2013). Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi. Sulesana Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 35–45.
Bungin, M. B. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya (Kedua). Kencana.
Dewi, P. H. N., Sriasih, S. A. P., & Sudiana, I. N. (2018). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler kelompok ilmiah remaja terhadap keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sawan. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/15101/9242
Djauhari, M. T. (2008). Masa depan pesantren agenda yang belum terselesaikan. Taj Publishing.
Jakfar, T. M. (2013). ‘Ulum al-Hadits dan korelasinya dengan Ushul al-Fiqh. Al-Mu‘Ashirah, 10(1).
Jauhari, M. I. (2010). Ilmu jiwa umum dengan konfirmasi Islami. Mutiapress.
Kafie, J. (1986). Ilmu logika. TMI Press.
Kuswandi, I. (2015). Kelas bakat model pesantren: studi di pondok pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Prosiding International Seminar on Special Education for Southeast Asia Region 5 Series.
Kuswandi, I. (2017). Logika kebahagiaan mahasantri di pesantren (studi kasus di kampus IDIA Prenduan Sumenep Madura). Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.22515/balagh.v2i2.992
Kuswandi, I., & Amalih, I. (2015). Sang Konseptor Pesantren. Ladang Kata.
Kuswandi, I., & In, A. (n.d.). INTERCONNECTION MODEL OF MORALS- REASONING-RESEARCH IN PESANTREN. 22(1), 69–91.
Kuswandi, I., Sukitman, T., Jamilah, Ridwan, M., & Mas’odi. (2020). Kelas multiple intelligences pesantren modern di Madura. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1195–1204.
Mubarok, G. (2016). Al-Ghazali: reputasi dan pengaruhnya di pesantren. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 1(1).
Peursen, C. . van. (1980). Orientasi di alam filsafat. Gramedia.
Rizali. (2012). Kedudukan Seni Dalam Islam. Tsaqafa: Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, 1(1), 1–8.
Soleh, A. K. (2008). Pemikiran psikologis al-Farabi (renungan awal menuju psikologi Islam). Psikoislamika Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 5(2), 154–166. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.349
Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat ilmu: sebuah pengantar populer. Sinar Harapan.
Syadzili, T. (2010, July). Likulli syai’in maziyyah upaya penerapan konsep multiple intelligence (MI) di TMI. Warta Singkat Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.
Tabrani. (2014). Islamic studies dalam pendekatan multidisipliner (suatu kajian gradual menuju paradigma global). Jurnal Ilmiah Peuradeun (JIP), 2(2). https://doi.org/http://orcid.org/0000-0003-1014-3841
Tibyan, B. (2016, May). Mentradisikan riset di kalangan santri. Warta Singkat Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.
Yasid, A. (2019). Logika ushul fiqh interelasi nalar, wahyu dan maqashid asy-syari’ah. IRCiSoD.
Yunus, F. (2015, June). Membangun sikap selektif dalam diri peneliti muda. Warta Singkat Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.
Yusuf, A. M. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.