Analisis Tekstual Dan Kontekstual Hadis Tentang Adab Peserta Didik Dalam Kitab Ta’limul Muta’alim
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i2.3168Abstract
Good behavior between students and educators in the learning process will positively impact the interaction of community life. In this study, the researcher examines the hadith about students' etiquette in the Ta'limul Muta'alim book textually and contextually. This study aims to analyze textually and contextually the hadith about students' etiquette in the Ta'limul Muta'alim book. The method used is textual and contextual interpretation. And the form of this research is descriptive qualitative. The first thing to do is reduce the data, then present the data, draw conclusions and verify. As for the results of the research that the researcher obtained regarding the textual analysis of the hadith About Student Ethics In the Ta'limul Muta'alim Book, the adab that a student must possess are: solemn to the teacher, Tawadhu ', Respect for elders. And contextually the hadith is the cause of not entering knowledge, the importance of glorifying knowledge, the danger of being arrogant, placing oneself between pride and inferiority, and the importance of respecting older people.
Downloads
References
Alfiah, Fitriadi, Suja’i. (2016). Studi Ilmu Hadis.Riau. Kreasi Edukasi.
Alifah Nurul. (14 Januari 2021).pemahaman tekstual dan kontektual pada hadis. ushuluddin.uin-suka.ac.id. Retrieved from http://ushuluddin.uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/287/pemahaman-tekstual-dan-kontektual-pada-hadis
Al-zabidi, murtadha.Tahrij hadis ihya’ ulumuddin.Jilid 5 hal. 2358 (2005: Maktabah Syamilah)
Asriady, Muhammad. (2017). Metode Pemahaman Hadis.Institut Parahikma Indonesia
Bin Ismail, Ibrahim, Syarah Ta’limmul Muta’alim Thoriqil Ta’lim, (Lebanon: Dar Al Kotob Al- Ilmiyah,2018)
Bin Ismail, Ibrahim, Syarah Ta’limmul Muta’alim Thoriqil Ta’lim, (Lebanon: Dar Al Kotob Al- Ilmiyah,2018)
Ensiklopedi Nasional Indonesia. 2004. Bekasi: Delta Pamungkas. ISBN 979-9327-00-8.Hal.63.
Haq Muqoyyimul. (2015). Kajian Dan Analisis Ta’lim Muta’aallim. kediri: Santri Salaf Press.
HR. Al-Bukhari no.144 , Muslim no.264
HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913 retrieved from https://dorar.net/hadith/sharh/126132
HR. Thabrani, al- Ma’jum al- Ausath, no 8991
Ibnu Katsir, Tafsir surat Al-Ma’idah ayat 48. Retrieved from https://tafsir.learn-quran.co/id/surat-5-al-ma%27idah/ayat-48#
Mardalis, metode penelitian suatu pendekatan proposal (jakarta: Bumi Aksara,1995), h. 24
Muhammad Kudhori. (2017). Perlunya memahami hadis secara tekstual dan kontekstual untuk mendapatkan pemahaman yang moderat ‘ala madhhab ahlisunnah wal jama’ah.(tidak diterbitkan). STAI Al-Fithrah. Surabaya.
Rahmat Djatmika. Sistem Etika Islam (Akhlaq Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas. 1996.
Sugiono, memahami penelitian kualitatifdilengkapi contoh proposal dan laporan penelitian.(Bandung : CV Alfabeta, 2010)
Suharsimi Arikunto, prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996)
Syafnidawaty.(24 October 2020). Landasan Teori. Raharja.ac.id. Retrieved fromhttps://raharja.ac.id/2020/10/24/landasan-teori
Thabrani, Ma’jumu al- Kabir, no hadis 7402, retrieved from http://hadith.islam-db.com/
Wiwin Yuliani. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.IKIP Siliwangi.2(2), 89. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/viewFile/1641/911
Yusuf al-Qardawi. (1993). Bagaimana Memahami Hadis Nabi SAW. Karisma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.