EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVESME DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • M. Dzikrul Hakim Al-Ghozali Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Diki Cahyo Ramadhan Universitas KH. Abdul Wahab HAsbullah Fakultas Agama Islam Pendidikan Bahasa Arab

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261

Keywords:

Teori Konstruktivisme, Keterampilan Berbicara, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran maharah kalam berbasis teori konstruktivsme terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X (Pembelajaran Maharah Klama Berbasis teori Konstruktivisme) terhadap Y (Motivasi Belajar Siswa). Dan hasil penelitian ini di dapat nilai rata-rata pretest untuk kelompok kelas eksperimen adalah 67,15 sedangkan pada kelompk kelas kontrol adalah 67,60. Kemudian untuk pemerolehan nilai rata-rata posttest untuk kelompok kelas eksperimen adalah 79,60 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 73,90. Data tersebut menunjukan adanya perbedaan antara kelompok kelas yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dengan kelompok kelas yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol), menunjukan bahwa hasil dari pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih baik dari hasil pre-test dan post-test kelas kontrol

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Gholayin, Mustofa. “Jami’ Ad-Durus Al-Abiyah”. Jilid 1. BAirut : Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, 2005.
Aziz, Abdul Bin Ibrahim Al-Ushaily. “Tharoiq Tadris Al-Lughah Al-Arobiyah li Al-Nathiqina bi Lughotin Ukhra. Riyad : Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa’ud, 2002.
Hadi, Sutrisno. Penelitian Research. Yogyakarta : BPFE, 2004.
Hermawan, Acep. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab”. Bandung Rosdakarya, 2011.
Mustofa, Syaiuful. “Strategi Pembelajaran : Bahasa Arab Inovativ”. Malang : UIN Maliki Press, 2011.
Madkur, Ahli Ahmad. “Thuruq Tadris Al-Lughah Al-Arobiyah”. Amman : Dar Al-masirah, 2010.
Rosyidi, Abd wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab”. Malang : UIN Maliki Press, 2012.
Rusman. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Cet ke-5. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Sani, Ridwan Abdullah. “Inovasi Pembelajaran”. Cet ke-1. Jakarta : Bumi Aksara, 2013.
Sadirman, “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2020.
Susilo, Sutarjo Adi. “Pembelajaran Nilai Karakter : Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif”. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Tanzeh, Ahmad. “Pengantar Metode Penelitian”. Yogyakarta : Teras, 2009.
Uno, Hamzah B. “Teori Motivasi & Pengukuranya”. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Wahyu. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Al-Bairuny pada tanggal 24 Maret 2021 pukul 10.15 WIB.
Wardoyo, Sigit Mangun. “Pembelajaran Konstruktivisme : Teori dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter”. Cet ke-2. Bandung : Alfabeta, 2015.

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

Al-Ghozali, M. D. H., & Ramadhan, D. C. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVESME DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 19–40. https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)