EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVESME DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v6i1.1261Keywords:
Teori Konstruktivisme, Keterampilan Berbicara, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran maharah kalam berbasis teori konstruktivsme terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X (Pembelajaran Maharah Klama Berbasis teori Konstruktivisme) terhadap Y (Motivasi Belajar Siswa). Dan hasil penelitian ini di dapat nilai rata-rata pretest untuk kelompok kelas eksperimen adalah 67,15 sedangkan pada kelompk kelas kontrol adalah 67,60. Kemudian untuk pemerolehan nilai rata-rata posttest untuk kelompok kelas eksperimen adalah 79,60 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 73,90. Data tersebut menunjukan adanya perbedaan antara kelompok kelas yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dengan kelompok kelas yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol), menunjukan bahwa hasil dari pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih baik dari hasil pre-test dan post-test kelas kontrol
Downloads
References
Aziz, Abdul Bin Ibrahim Al-Ushaily. “Tharoiq Tadris Al-Lughah Al-Arobiyah li Al-Nathiqina bi Lughotin Ukhra. Riyad : Universitas Islam Imam Muhammad bin Sa’ud, 2002.
Hadi, Sutrisno. Penelitian Research. Yogyakarta : BPFE, 2004.
Hermawan, Acep. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arabâ€. Bandung Rosdakarya, 2011.
Mustofa, Syaiuful. “Strategi Pembelajaran : Bahasa Arab Inovativâ€. Malang : UIN Maliki Press, 2011.
Madkur, Ahli Ahmad. “Thuruq Tadris Al-Lughah Al-Arobiyahâ€. Amman : Dar Al-masirah, 2010.
Rosyidi, Abd wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arabâ€. Malang : UIN Maliki Press, 2012.
Rusman. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guruâ€. Cet ke-5. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Sani, Ridwan Abdullah. “Inovasi Pembelajaranâ€. Cet ke-1. Jakarta : Bumi Aksara, 2013.
Sadirman, “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2020.
Susilo, Sutarjo Adi. “Pembelajaran Nilai Karakter : Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektifâ€. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Tanzeh, Ahmad. “Pengantar Metode Penelitianâ€. Yogyakarta : Teras, 2009.
Uno, Hamzah B. “Teori Motivasi & Pengukuranyaâ€. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Wahyu. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Al-Bairuny pada tanggal 24 Maret 2021 pukul 10.15 WIB.
Wardoyo, Sigit Mangun. “Pembelajaran Konstruktivisme : Teori dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakterâ€. Cet ke-2. Bandung : Alfabeta, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.