Pendayagunaan Lingkungan Sekolah Religius untuk Memaksimalkan Pencapaian Kurikulum PAI

Authors

  • Hilyah Ashoumi

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v1i1.103

Abstract

Lingkungan sekolah dapat diartikan segala sesuatu yang tampak dan terdapat di sekolah, baik itu alam sekitar maupun setiap individu yang berada di dalamnya. Iklim belajar yang kondusif harus ditunjang oleh berbagai fasilitas belajar yang menyenangkan seperti: sarana, laboratorium, pengaturan lingkungan, penampilan dan sikap guru, hubungan yang hormonis antara peserta didik dengan guru dan antara peserta didik itu sendiri, serta penataan organisasi dan bahan pembelajaran secara tepat, sesuai dengan kemampuan dan perkembangan peserta didik.Pendayagunaan Lingkungan Sekolah yang Religius untuk Memaksimalkan Kurikulum PAI sangat dipengaruhi model penerapan nilai yang mendasarinya, yakni penciptaan budaya religius yang bersifat vertikal dan horizontal. Secara lebih terperinci, pengembangan PAI dalam mewujudkan budaya religius sekolah, menurut Muhaimin dapat dilakukan melalui empat pendekatan: struktural, formal, mekanik dan organik. Sedangkan, Strategi perwujudan budaya religius sebagai perwujudan pengembangan PAI di sekolah, meliputi: Penciptaan suasana religius, Internalisasi Nilai, Keteladanan, Pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-03

How to Cite

Ashoumi, H. (2017). Pendayagunaan Lingkungan Sekolah Religius untuk Memaksimalkan Pencapaian Kurikulum PAI. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 35–50. https://doi.org/10.32764/dinamika.v1i1.103

Issue

Section

Articles