PENGARUH STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG.

Authors

  • Siti Ajizah

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v4i1.52

Abstract

Untuk meningkatkan mutu evaluasi pembelajaran PAI sangat diperlukan suatu penilaian yang selama ini diperlukan, yaitu penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.  Bagi siswa evaluasi pembelajaran PAI merupakan motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar, sehingga guru PAI hendaknya harus peka dan selalu memotivasi siswa meningkatkan prestasi belajar dengan cara melaksanakan strategi evaluasi pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara evaluasi pembelajaran PAI dengan prestasi belajar siswa MTsN Tambakberas Jombang.  Populasi penelitian dengan menggunakan 20 responden dari jumlah guru yang mengajar PAI di kelas VII. Metode pengumpulan data dengan angket tertutup dokumentasi dan observasi. 

Hasil analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment diperoleh bahawa nilai hasil r hitung lebih besar dari pada r table ( 0,757 > 0,423) pada taraf signifikan 95%, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara strategi evaluasi pembelajaran PAi dengan prestasi belajar siswa di MTsN Tambakberas Jombang.

Kata kunci : Strategi, Evaluasi Pembelajaran, Prestasi Siswa dan Korelasi Product Moment.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

Ajizah, S. (2016). PENGARUH STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG. SAINTEKBU, 4(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v4i1.52

Issue

Section

Articles