KLASIFIKASI DENGAN DECISION TREE UNTUK PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
STUDI KASUS SMK GAMA CENDIKIA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.32764/saintekbu.v11i1.320Abstract
Model pembelajaran adalah salah satu komponen utama dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan. Untuk itu, dibentuklah suatu sistem analisa dengan menggunakan metode- metode pada data mining yaitu: ID3 yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi pihak guru untuk memilih model pembelajaran yang efektif. Tujuan dilakukan penelitian guna memberikan kontribusi kepada siswa SMK dan guru- guru serta para siswa umumnya Hasil akhir ataupun output dari penelitian ini adalah system pemilihan model pembelajaran berdasarkan input yang berupa situasi dan kondisi proses pembelajaran di SMK, adapun jenis proses pembelajaran ialah spesialisasi tenaga pendidik/guru, iq siswa, fasilitas, waktu, suasana, tujuan, dan jenis materi.