Pengembangan Media Video Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Menggunakan Capcut Siswa SD Negeri Sepat 4

Authors

  • Furhatul Fitri Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Retno Wahyuningsih Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Keywords:

Learning media, Animated Video, Islamic Religious Education and Ethics, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstract

The need for innovation in learning activities because students will find learning less interesting if done using a single method and media. This study aims to determine the feasibility of Animated Video Media Using Capcut in PAI and Budi Pekerti Subjects at SDN Sepat 4 and student acceptance of Animated Video learning media from Capcut. The research uses the RnD method with the 4D type, Difine, Design, Develop, Dessiminate. In the Feasibility of Feasibility of Animated Video Media Using Capcut in Islamic Religious Education and Budi Pekerti Subjects at SDN Sepat 4 which is validated by material experts at a percentage of feasibility of 71.7% and categorized as feasible. For media expert validation with a feasibility percentage score of 75.7%. For student acceptance of learning media in the field test received a percentage score of 77.6% worthy of use in learning PAI and character at SDN Sepat 4.


Abstrak

Perlunya inovasi dalam kegiatan pembelajaran karena siswa akan merasa pembelajaran kurang menarik jika dilakukan dengan menggunakan metode dan media tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Media Video Animasi Menggunakan Capcut dalam Mata PAI dan Budi Pekerti di SDN Sepat 4 dan penerimaan siswa mengenai media pembelajaran Video Animasi dari Capcut. Penelitian menggunakan metode RnD dengan jenis 4D, Difine, Design, Develop, Dessiminate. Dalam Kelayakan Kelayakan Media Video Animasi Menggunakan Capcut dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Sepat 4 yang di Validasi  ahli materi  di persentase kelayakan 71,7 % dan dikategorikan layak. Untuk Validasi ahli media dengan skor persentase kelayakan 75,7 %. Untuk penerimaan siswa terhadap media pembelajaran di uji lapangan mendapat skor persentase sebesar 77,6 % layak digunakan dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti di SDN Sepat 4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianti, Audita, M. Taufik, and Zerri Rahman Hakim. “Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) 1, no. 2 (2020): 1–12.

Apriansyah, Muhammad Ridwan. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.” Jurnal PenSil 9, no. 1 (2020): 9–18.

Aprilliana, G., & Efendi, R. “Penggunaan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas Viii Smpn 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.” Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2022): 48–53.

Arkadiantika, Irnando, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, and Prita Dellia. “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 8, no. 1 (2020): 29.

Bakhruddin, Mukhammad, Shoffan Shoffa, Iis Holisin, Seriwati Ginting, Anisa Fitri, Iin Lestari Widya, Zusana E. Pudyastuti, Moh. Zainuddin, Heldy Vanni Alam, and Naning Kurniawati. Strategi Belajar Mengajar “Konsep Dasar Dan Implementasinya.” Agrapana Media, 2021.

Deriyan, Luvita Fariska, and Nurmairina. “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DI KELAS V SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al-Washliyah PENDAHULUAN Pendidikan Ialah Bagian Integral Dalam Pembangunan . Proses Pendidikan Tidak Dapat Berkuali.” Jurnal-Lp2M.Umnaw.Ac.Id 07 (2022): 1–10.

Hamalik Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Idris, Muhamad, Muhamad Idris, Ida Suryani, and Ida Suryani. “Penerapan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Ips Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V Sd Negeri 32 Palembang.” Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah 8, no. 2 (2022): 139–144.

Nunuk, S. dkk. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Putri, P, M Idris, and D B Irawan. “Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Capcut Pada Pembelajaran IPS Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science … 3 (2023): 2468–2480. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2300%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2300/1704.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta., 2014.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Fitri, F., & Wahyuningsih, R. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Menggunakan Capcut Siswa SD Negeri Sepat 4. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 8(2), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/4209

Issue

Section

Articles