Pengembangan Media Video Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Menggunakan Capcut Siswa SD Negeri Sepat 4
Keywords:
Learning media, Animated Video, Islamic Religious Education and Ethics, Pendidikan Agama IslamAbstract
Abstract
The need for innovation in learning activities because students will find learning less interesting if done using a single method and media. This study aims to determine the feasibility of Animated Video Media Using Capcut in PAI and Budi Pekerti Subjects at SDN Sepat 4 and student acceptance of Animated Video learning media from Capcut. The research uses the RnD method with the 4D type, Difine, Design, Develop, Dessiminate. In the Feasibility of Feasibility of Animated Video Media Using Capcut in Islamic Religious Education and Budi Pekerti Subjects at SDN Sepat 4 which is validated by material experts at a percentage of feasibility of 71.7% and categorized as feasible. For media expert validation with a feasibility percentage score of 75.7%. For student acceptance of learning media in the field test received a percentage score of 77.6% worthy of use in learning PAI and character at SDN Sepat 4.
Abstrak
Perlunya inovasi dalam kegiatan pembelajaran karena siswa akan merasa pembelajaran kurang menarik jika dilakukan dengan menggunakan metode dan media tunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Media Video Animasi Menggunakan Capcut dalam Mata PAI dan Budi Pekerti di SDN Sepat 4 dan penerimaan siswa mengenai media pembelajaran Video Animasi dari Capcut. Penelitian menggunakan metode RnD dengan jenis 4D, Difine, Design, Develop, Dessiminate. Dalam Kelayakan Kelayakan Media Video Animasi Menggunakan Capcut dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Sepat 4 yang di Validasi ahli materi di persentase kelayakan 71,7 % dan dikategorikan layak. Untuk Validasi ahli media dengan skor persentase kelayakan 75,7 %. Untuk penerimaan siswa terhadap media pembelajaran di uji lapangan mendapat skor persentase sebesar 77,6 % layak digunakan dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti di SDN Sepat 4.
Downloads
References
Alfianti, Audita, M. Taufik, and Zerri Rahman Hakim. “Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku.†Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) 1, no. 2 (2020): 1–12.
Apriansyah, Muhammad Ridwan. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.†Jurnal PenSil 9, no. 1 (2020): 9–18.
Aprilliana, G., & Efendi, R. “Penggunaan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas Viii Smpn 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.†Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2022): 48–53.
Arkadiantika, Irnando, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, and Prita Dellia. “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic.†Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 8, no. 1 (2020): 29.
Bakhruddin, Mukhammad, Shoffan Shoffa, Iis Holisin, Seriwati Ginting, Anisa Fitri, Iin Lestari Widya, Zusana E. Pudyastuti, Moh. Zainuddin, Heldy Vanni Alam, and Naning Kurniawati. Strategi Belajar Mengajar “Konsep Dasar Dan Implementasinya.†Agrapana Media, 2021.
Deriyan, Luvita Fariska, and Nurmairina. “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DI KELAS V SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al-Washliyah PENDAHULUAN Pendidikan Ialah Bagian Integral Dalam Pembangunan . Proses Pendidikan Tidak Dapat Berkuali.†Jurnal-Lp2M.Umnaw.Ac.Id 07 (2022): 1–10.
Hamalik Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Idris, Muhamad, Muhamad Idris, Ida Suryani, and Ida Suryani. “Penerapan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran Ips Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Di Kelas V Sd Negeri 32 Palembang.†Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah 8, no. 2 (2022): 139–144.
Nunuk, S. dkk. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Putri, P, M Idris, and D B Irawan. “Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Capcut Pada Pembelajaran IPS Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar.†Innovative: Journal Of Social Science … 3 (2023): 2468–2480. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2300%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2300/1704.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta., 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.