Konsep Epistemologi Bayani, Irfani dan Burhani dalam Filsafat Pendidikan Islam
Keywords:
Pendidikan, Epistemologi, IslamAbstract
Bayani's epistemological concept also emphasizes understanding texts and traditions, with the Koran and hadith as the main sources of knowledge. Irfani focuses on discovering the mystical aspects of knowledge and personal experience, while Burhani emphasizes rationality and logical reasoning, providing inspiration for the concept of this type of Islamic education, while Bayani and Irfani into the overall process and approach. Burhani elements examine This integration provides students with the benefit of a comprehensive and in-depth understanding of Islam while fostering the development of critical and analytical thinking skills. The importance of these concepts is that Islamic education requires a holistic approach that includes elements of Bayani, Irfani and Burhani in the learning process. This integration allows students to simultaneously gain a comprehensive and in-depth understanding of Islam and foster the development of critical and analytical thinking skills. This article makes an important contribution to understanding the theory and practice of Islamic education through the study of fundamental epistemological concepts. The practical implications of this research will help develop more effective curricula and teaching methods in the context of Islamic education.
Keywords: Education, Epistemologi, Islam
Â
Abstrak
Konsep epistemologis Bayani juga menekankan pada pemahaman teks dan tradisi, dengan al-Qur'an dan hadis sebagai sumber utama ilmu pengetahuan. Irfani berfokus pada penemuan aspek mistik pengetahuan dan pengalaman pribadi, sedangkan Burhani menekankan pada rasionalitas dan penalaran logis, memberikan inspirasi bagi konsep pendidikan Islam jenis ini, sedangkan Bayani dan Irfani ke dalam keseluruhan proses dan pendekatan. unsur Burhani memeriksa Integrasi ini memberikan siswa manfaat pemahaman Islam yang komprehensif dan mendalam sekaligus menumbuhkan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Pentingnya konsep-konsep tersebut Pendidikan Islam memerlukan pendekatan holistik yang memasukkan unsur Bayani, Irfani dan Burhani dalam proses pembelajaran. Integrasi ini memungkinkan siswa secara bersamaan memperoleh pemahaman Islam yang komprehensif dan mendalam serta menumbuhkan pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis.Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam memahami teori dan praktik pendidikan Islam melalui kajian konsep-konsep epistemologis mendasar. Implikasi praktis dari penelitian ini akan membantu mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan Islam.
Kata Kunci: Pendidikan, Epistemologi, Islam
Downloads
References
Aini, Nada Nur, and Andi Prastowo, ‘Implementasi Metode Burhani Dan ‘Irfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam’, Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2022), 296–302
Djollong, Andi Fitriani, ‘Epistemologi Filsafat Pendidikan Islam’, Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3.1 (2015), 8–17
El-Yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Cholifatul Azizah, and Sayyid Qutub Nabillah, ‘Kurikulum Dan Problematika Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam’, Masaliq, 3.3 (2023), 370–83
Fithoroini, Dayan, ‘Epistemologi Bayani Dalam Kajian Ushul Fiqh’, Opinia De Journal, 2.2 (2022), 1–17
Jasnain, Tilsep, Besse Mardianti, Rusfita Sari, Ratu Wardarita, and Puspa Indah Utami, ‘Kajian Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5.1 (2022), 43–56
KUSUMA, ‘Epistemologi Bayani , Irfani Dan Burhani Al-Jabiri Dan Relevansinya Bagi’, Syi’ar, 18.1 (2018), 19
Makiah, Zulpa, ‘Epistemologi Bayani, Burhani, Dan Irfani Dalam Memperoleh Pengetahuan Tentang Mashlahah’, Jurnal: Syariah, 14.2 (2014), 1–28
Mubin, Fatkhul, ‘Filsafat Modern: Aspek Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis’, Mengenal Filsafat Pendidikan, 2020, 1–28
Musliadi, Musliadi, ‘Epistemologi Keilmuan Dalam Islam: Kajian Terhadap Pemikiran M. Amin Abdullah’, Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13.2 (2014), 160
Musyafa’ah, Nur Lailatul, ‘Filsafat Epistemologi Islam Muhammad Abid Al-Jabiri’, Jurnal Kajian Keislaman Al-Afkar, XVII.02 (2009), 12–21
Rangkuti, Fatima Rahma, ‘Implementasi Metode Tajribi, Burhani, Bayani, Dan Irfani Dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam’, Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4.1 (2019), 41
Rokhmah, Dewi, ‘ILMU DALAM TINJAUAN FILSAFAT ’:, 7 (2021)
Rusman, Asrori, Penulis : Asrori, 2020
Syarif, Muhammad, ‘Pendekatan Bayani, Burhani Dan Irfani Dalam Pengembangan Hukum Islam’, Jurnal Al-Mizan, 9.2 (2022), 169–87
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.