Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Sesuai Enam Pilar Karakter Di Nadzom Alala di Era 5.0
Keywords:
Character Education, education era 5.0, nadzom alalaAbstract
Character education is the main value that a learner must have, especially in facing global challenges and the rapid development of information technology. Therefore, it is necessary to strengthen the character of a learner who is relevant to what they experience. Here the basis of the strengthening literature is to use the 6 pillars of character value in a nadzom alala. This study uses the library research method by looking for papers that are relevant to the theme raised and then analyzed and described. The problem of Character Education in Era 5.0 is where Technology and Information can be enjoyed by all parties, not only adults but even small children can now enjoy it and there are also internal and external factors from the human The form of character education in Nadhom Alala is 6: Smart, earnest, patient, cost, teacher's blessing and long time.
Downloads
References
Ani, Nur Aeni. “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam.†Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): 50–58.
Anwar, Syaiful, and Agus Salim. “Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 233.
Arief, Ardian, and Pramudya Cahyandaru. “Implementasi Media E-Learning Untuk Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik.†Jurnal Taman Cendekia 2, no. 1 (2018): 163–168.
Elfindri, et al. Pendidikan Karakter. Jakarta: Baduose Media, 2012.
Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.
Iswan, Herwina. “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM DALAM ERA MILLENIAL IR. 5.0.†Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi 6, no. 1 (2018): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.
Judith Suissa, Institute of Education, London, and Introduction. “Character Education and the Disappearance of the Political.†Zitteliana 19, no. 8 (n.d.): 159–170. bisnis ritel - ekonomi.
Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.†SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education 4, no. 1 (2018): 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan.
Maemunah. “Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 5.0.†Prosiding Seminar Nasional Pengambdian 2018 Univeristas Muslim Nusantara Al-Washliyah, no. September (2018): 1–8.
Mu’in, F. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Munir, Muchamad Agus. “Strategi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Globalisasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.†eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019): 122–139.
Muzhoffar Akhwan. “Konsep Pendidikan Terpadu Dan Strategi Pembelajarannya.†Pendidikan Islam FIAI Jurusan Tarbiyah. 7, no. 5 (2002).
Nur Ainiyah. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.†Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 35–52.
Palupi Putri, Dini. “Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.†Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2018): 2580–362. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD.
Setiawan, Deny. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Era Global.†Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (2017): 20–25. http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/implementasi-pendidikan-karakter-di-era-global.pdf.
Sudrajat, Sudrajat. “Revitalisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014): 82–90.
Widiasworo, E. Strategi Pembelajaran Edutaintment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2018.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.