EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i3.400Keywords:
Fiqh lessons, Group Investigation, Learning OutcomesAbstract
The Effectiveness of Group Investigation Learning Models on Student Learning Outcomes in Subjects of Fiqh. The purpose of this research is to find out whether the group investigation learning model class XI MIPA is more effective than the conventional learning model class XI IIS 1 on the learning outcomes of students of class XI Aliah Al-Ihsan Kalikejambon on Fiqh subjects. The research is in the form of experiments with the type of experiment conducted is quasi-experimental research (Quasy Experiment Research). Based on the results of statistical calculations from the average post-test results of the control class 68.35 and the average post-test results of the experimental class 72.75 obtained calculations using the SPSS program with a significance of significance (Sig 2-tailed) is 0.034, a significance value of 0.034 <0.05. Then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that there is a significant difference between the results of the post-test of the control class and the experimental class. Thus, it can be said that the teaching and learning process carried out with the group investigation learning model in class XI MIPA is more effective than conventional learning models in class XI IIS 1 on student learning outcomes in the subject of Fiqh.
Keywords: Fiqh lessons, Group Investigation, Learning Outcomes
Abstrak
Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran group investigation kelas XI MIPA lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional kelas XI IIS 1 terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliah Al – Ihsan Kalikejambon pada mata pelajaran Fiqih. Adapun penelitian ini berbentuk eksperimen dengan jenis eksperimen yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment Reasearch). Berdasarkan hasil perhitungan statistik dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol 68,35 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 72,75 diperoleh perhitungan menggunakan program SPSS dengan signifikansi signifikansi (Sig 2-tailed) adalah 0,034, nilai signifikansi 0,034 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan dengan model pembelajaran group investigation di kelas XI MIPA lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional di kelas XI IIS 1 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
Kata kunci: Pelajaran Fiqih, Group Investigation, Hasil Belajar
Downloads
References
Astusi, Alfira Mulya. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperative Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika Siswa†Beta: Jurnal Tadris Matematika, Volume 7 Nomor 1 ( Mei 2014 ) : 3-5, diakses pada 10 Oktober 2019. https://jurnalbeta.ac.id.
Huda, M. (2013). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Khoirur Roziqin, Muhammad. “Metode-Metode Pendidikan Islam Dalam Mendidik Anak-Anakâ€, dalam Jurnal Eduscope : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Teknologiâ€, Vol. 3 no. 1, 2019.
Model Pembelajaran Group Investigation. (Online). http://allforedu.blogspot.com/2012/06/kelebihan-dan-kekuranganpembelajaran html. diakses pada 15 Oktober 2019.
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning. Bandung : PT. Nusa Media.
Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syafiuddin Shobirin, M. dan M. Faridl Darmawan, “Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Luhur Malangâ€, dalam Jurnal JoEMS (Jounal of Education and Management Studies). Vol. 2, No. 1, 15-24, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.