IMPLEMENTASI SIKAP JUJUR TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG HUDUD DI KELAS XI IIK 1 DI MAN 1 JOMBANG

Authors

  • divya nisausy syarifah putri
  • M. Dzkril Hakim al-Ghozali Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • M. Khoirur Roziqin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i3.397

Keywords:

Learning Implementation, Honest attitude, Fiqih Learning about Hudud

Abstract

The research was conducted aimed to find out how much honest attitude that has been applied in Fiqh learning about hudud in class XI IIK 1. This research method uses field research, which is qualitative in nature, namely the research data procedures that produce descriptive data in the form of words written or oral statements from teachers and students tend to be analysis. The results of the study are first, Implementation of Learning in Class XI IIK 1. Second Learning of Jurisprudence in Hudud in Class XI IIK 1. Third Learning of Jurisprudence About Hudud in Class XI IIK 1. Honest attitude that must be applied by students in the learning about hudud namely students must always be honest in answering questions from the teacher and it has been applied as described, when the teacher gives questions students are required to answer questions with each answer without cheating answers from friends. It is very clear to say that the application or implementation of an honest attitude has been applied in learning in the classroom, meaning that the application of an honest attitude in students of class XI IIK 1 has grown and formed well in the study of jurisprudence about hudud.

 

Keywords:Learning Implementation,Honest attitude, Fiqih Learning about Hudud.

 

ABSTRAK

Penelitian dilakuan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar sikap jujur yang telah diterapkan dalam pembelajaran Fiqih tentang hudud pada kelas XI IIK 1. Metodepenelitian ini menggunakan Penelitian lapangan (field research), yang sifatnya kualitatif, yakni prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari para guru dan siswa cenderung analisis. Hasil penelitian yang di dapat yaitu pertama,Implementasi Pembelajaran di Kelas XI IIK 1.Kedua Pembelajaran Fiqih Tentang Hudud di Kelas XI IIK 1. Ketiga Pembelajaran Fiqih Tentang Hudud di Kelas XI IIK 1. Sikap jujur yang harus di terapkan oleh siswa dalam pembelajaran tentang hudud yaitu siswa harus selalu berkata jujur dalam menjawab pertanyaan dari guru dan itu sudah diterapkan seperti yang sudah dipaparkan, ketika guru memberi soal-soal siswa dituntut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban masing-masing tanpa menyontek jawaban dari teman. Sangat jelas dikatakan bahwa penerapan atau implementasi sikap jujur sudah diterapkan dalam pembelajaran di kelas, artinya penerapan sikap jujur pada diri siswa kelas XI IIK 1 sudah tumbuh dan terbentuk dengan baik dalam pembelajaran fiqih tentang hudud.

 

Kata Kunci:Implementasi Pembelajaran,Sikap Jujur, Pembelajaran Fiqih tentang Hudud.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astim Riyanto, Proses Belajar Mengajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Yapemdo, 2013.
Awaludin, Hudud dan Hikmahnya. Bahan pembelajaran : Pendidikan Agama Islam, 2018.
Hamzah B. Uno. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Khoirur Roziqin, M. “Metode-Metode Pendidikan Islam Dalam Mendidik Anak-Anak”, dalam Jurnal Eduscope : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Teknologi”, Vol. 3 no. 1, 2019.
Kusuma Wardani, Dian. “Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mts. Thoriqul Huda Catakgayam Mojowarno Jombang”, dalam JoEMS (Jounal of Education and Management Studies). Vol. 2 no. 3, 1-3, 2019.
Nurdin dan Usman. Implementasi Pembelajaran, Yogyakarta: Rajawali Pers, 2011.
Said, Ishak Mohd. Hudud dalam Fiqih Islam. Malaysia: Publishedin Malaysia, 2010
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suharno.“Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten TulungagungTulungagung” Dinamika: Jurnal Humanity, ISSN 0216-8995 Volume 10 Nomor 1 (2013). Diakses 21 Oktober 2019. (https://media.neliti.com/media/publications/11422-ID-implementasi-pembelajaran-berbasis-kurikulum-2013-pada-mata-pelajaran-biologi-di.pdf).
Sofyan. “Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Di Smk Ethika Palembang” Dinamika: Jurnal PAI Raden Fatah Volume 1 Nomor 1 (2019). Diakses 21 Oktober 2019. (https://www.neliti.com/id/publications/271436/membentuk-karakter-bertanggung-jawab-warga-negara-melalui-pendidikan-politik-stu.)
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2011.

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

syarifah, divya nisausy, Hakim al-Ghozali, M. D., & Roziqin, M. K. (2020). IMPLEMENTASI SIKAP JUJUR TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH TENTANG HUDUD DI KELAS XI IIK 1 DI MAN 1 JOMBANG. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i3.397

Issue

Section

Articles