Pengembangan PAI App Pada Kelas X Di SMK NU AL-Hidayah Ngimbang Lamongan

Authors

  • Lizet Dwi Aprillia Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Hidayatur Rohmah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i2.2938

Keywords:

Learning Media, Islamic Education, PAI App

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan peajaran yang membantu peserta didik atau memberi pengetahuan tentang agana islam dan membimbing pendidik kearah pembentukan kepribadian yang lebih baik. PAI App adalah produk media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti berbasis android untuk membantu siswa dalam belajar baik disekolah atau di luar sekolah. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang berbasis android yang valid, efektif dan praktis. Peneliti mengunakan smartapp creator dalam konsep pembuatan media pembeajaran mata peajaran Pendidian Agama Islam pada siswa kelas X SMK NU Al-Hidayah Ngimbang Lamongan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini adalah kevalidan, dengan validasi ke ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rerata kevalidan dari ahli media yaitu aspek tampilan memperoleh 78 skor dengan kategori sangat layak, aspek pemograman memperoleh 33 skor dengan kategori layak. Skor rerata total media pembelajaran PAI App menurut ahli media adalah 111 dengan kategori layak, dan rerata dari ahli materi yaitu aspek pembelajaran memperoleh 34 skor dengan kategori sangat layak, aspek isi materi memperoleh 26 skor dengan kategori layak.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, PAI App

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zuhairini. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press, 2004 .

Rohmah, H. “Strategi Peningkatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyikapi Persaingan Mutu Pendidian diI MTs Nizhamiya Ploso”. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(1), Februari, 2020.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Hasan, Muhammad. dkk. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media, 2021.

Wardana, Djamaludin Ahdar. Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Yusufhadi, Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Nasution. Berbagai Pendekatan Dlam Prose Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Ramli, Muhammad. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Prees, 2012.

Abdurahman, Hasan. & Riswayah, A.R. “Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti”. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), Desember, 2014.

Juansyah, A. “Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted–global positioning system (a-gps) dengan platform android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), Agustus, 2015.

Saputra, Budiyono. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyususn Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Sudaryono. Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo, 2018.

Sudjana. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production, 2001.

Trianto, Model Pembelajan Terpadu: Konsep, sSrategi dan Implementasi Dalam KurikulumTtingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: bumi aksara, 2015.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Aprillia, L. D., & Rohmah, H. (2022). Pengembangan PAI App Pada Kelas X Di SMK NU AL-Hidayah Ngimbang Lamongan. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 48–62. https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i2.2938

Issue

Section

Articles