Pendekatan Holistik (Whole Language) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Mochamad Afroni STTA Adisutjipto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.133

Abstract

alam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat maharah yang harus dikuasai
oleh para peserta didik, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah dan
maharah qiro’ah. Keempat maharah tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang
lainnya. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang pembelajaran bahasa dengan
menggunakan pendekatan holistik. Dengan menggunakan pendekatan holistik keempat
maharah tersebut dapat diajarkan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan
pendekatan holistik. Metode yang digunakan penulis untuk mencapai tujuan tersebut yaitu
dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi non partisipasi (nonparticipatory observation). Hasil yang diperoleh dari penelitian
ini adalah yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahaman
pelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadi
berkarakter. Selain itu, peserta didik dapat belajar bahasa arab secara utuh, lingkungan
belajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial,
fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-16

How to Cite

Afroni, M. (2017). Pendekatan Holistik (Whole Language) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 144–163. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.133

Issue

Section

Articles