Pendekatan Holistik (Whole Language) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.133Abstract
alam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat maharah yang harus dikuasai
oleh para peserta didik, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah dan
maharah qiro’ah. Keempat maharah tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang
lainnya. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang pembelajaran bahasa dengan
menggunakan pendekatan holistik. Dengan menggunakan pendekatan holistik keempat
maharah tersebut dapat diajarkan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan
pendekatan holistik. Metode yang digunakan penulis untuk mencapai tujuan tersebut yaitu
dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi non partisipasi (nonparticipatory observation). Hasil yang diperoleh dari penelitian
ini adalah yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahaman
pelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadi
berkarakter. Selain itu, peserta didik dapat belajar bahasa arab secara utuh, lingkungan
belajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial,
fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.