Kesadaran Pendidikan; Kunci Pengembangan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.122Abstract
Manusia secara naluriah memiliki potensi intelektual dalam bidang afektif, kognitif danpsikomotorik yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitasnya melalui proses
pendidikan. Macam-macam kesadaran pendidikan itu berupa dapat dilihat dari segi alur
tahap pelaksanaan pendidikan, dari segi sasaran bimbimgan, dari segi sudut pelaku, dari
fungsi kesadaran pendidikan, atau Mekanisme membudayakan kesadaran pendidikan.
Tahap-tahap yang ditempuh untuk membudayakan kesadarn pendidikan , antara lain;
Membentuk mindset, Mendemonstrasikan dan mendalami model sebgai contoh, Melaksakan
kesadaran pendidikan secara realistis dalam tugas/wilayah kerja masing-masing komponen
masyarakat, Mempublikasikan dan mempopulerkan hasil dan dampak kesadaran
pendidikan untuk memberikan pengaruh dalam membudayakan kesadaran pendidikan,
Melakukan evaluasi kritis terhadap semua tahapan-tahapan diatas, secara rasional, obyektif,
kritis dan membandingkan dengan kondisi sebelumnya, Melakukan tindak lanjut dari hasil
evaluasi.
Kata kunci : Kesadaran Pendidikan, Pendidikan Islam
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Dinamika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-ShareAlike (CC BY-SA).
Semua Informasi yang terdapat di Dinamika bersifat akademik. Dinamika tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalah gunaan informasi dari situs ini.
Dinamika by http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.