Kesadaran Pendidikan; Kunci Pengembangan Pendidikan Islam

Authors

  • M. Wafiyul Ahdi Universitas KH. A. Whab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.122

Abstract

Manusia secara naluriah memiliki potensi intelektual dalam bidang afektif, kognitif dan
psikomotorik yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kualitasnya melalui proses
pendidikan. Macam-macam kesadaran pendidikan itu berupa dapat dilihat dari segi alur
tahap pelaksanaan pendidikan, dari segi sasaran bimbimgan, dari segi sudut pelaku, dari
fungsi kesadaran pendidikan, atau Mekanisme membudayakan kesadaran pendidikan.
Tahap-tahap yang ditempuh untuk membudayakan kesadarn pendidikan , antara lain;
Membentuk mindset, Mendemonstrasikan dan mendalami model sebgai contoh, Melaksakan
kesadaran pendidikan secara realistis dalam tugas/wilayah kerja masing-masing komponen
masyarakat, Mempublikasikan dan mempopulerkan hasil dan dampak kesadaran
pendidikan untuk memberikan pengaruh dalam membudayakan kesadaran pendidikan,
Melakukan evaluasi kritis terhadap semua tahapan-tahapan diatas, secara rasional, obyektif,
kritis dan membandingkan dengan kondisi sebelumnya, Melakukan tindak lanjut dari hasil
evaluasi.
Kata kunci : Kesadaran Pendidikan, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-16

How to Cite

Ahdi, M. W. (2017). Kesadaran Pendidikan; Kunci Pengembangan Pendidikan Islam. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 1–26. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.122

Issue

Section

Articles