HUBUNGAN SIKAP MANJA TERHADAP TINGKAT KREATIVITAS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN TULUNGAGUNG

Authors

  • Wiwit Sri Suwarni

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v5i1.53

Abstract

Sikap manja anak cenderung mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri, selalu mengharap kepada orang disekelilingnya bahkan pada hal-hal yang tidak wajar.  Perilaku yang paling menonjol untuk melihat sifat manja adalah sejauh mana anak tersebut kreativitas, dan berinteraksi dengan lingkungan sekelilingnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap manja anak terhadap tingkat kreativitas anak di Taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Tulungagung.  Statistik ujinya  menggunakan Korelasi Rank Spearman. 

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang  signifikan antara sikap manja terhadap kreativitas anak dengan rs = - 0,79,  korelasi kuat dan arah korelasi negatif yang berarti semakin tinggi nilai sikap manja akan menurunkan  nilai kreativitas anak.  Begitu pula sebaliknya, semakin rendah nilai sikap manja akan menaikkan nilai kreativitas anak.

Kata kunci : Korelasi Rank Spearman, Sikap Manja, Kreativitas 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

Suwarni, W. S. (2016). HUBUNGAN SIKAP MANJA TERHADAP TINGKAT KREATIVITAS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN TULUNGAGUNG. SAINTEKBU, 5(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v5i1.53

Issue

Section

Articles