PENGEMBANGAN KOMPUTER PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 DENGAN MATERI TENSES UNTUK SMP DI BIMBINGAN BELAJAR SANJAYA ENGLISH CLUB JOMBANG

Authors

  • Sumardi -
  • Muhyiddin Zainul Arifin
  • Choirul Anam

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v3i1.44

Abstract

Peneliti mengembangkan komputer pembelajaran interaktif menggunakan program macromedia director MX 2004. Komputer pembelajaran interaktif biasa disebut dengan istilah CAI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer. CAI (computer assisted instruction) ialah penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan-latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa.” CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Komputer Pembelajaran Interaktif Menggunakan Program Macromedia Director MX 2004 Dengan Materi Tenses Untuk SMP Di Bimbingan Belajar Sanjaya English Club Jombang.

         Dari hasil kegiatan penelitian pengembangan dan hasil implementasi media yang telah dilaksanakan. maka pengembang dapat mengkaji dan menarik kesimpulan terhadap hasil data yang telah diuji cobakan yaitu senilai 73,75% (Kategori Baik) dalam segi ketepatan isi materi dan segi ketepatan teknik pembuatan, serta dalam segi pemahaman dan kemenarikan program termasuk kategori sangat baik sekali yaitu senilai 86,25%. Jadi media tersebut tidak perlu direvisi dan siap digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : CAI (Computer Assisted Instruction) Macromedia Director Mx 2004, Tenses

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

-, S., Arifin, M. Z., & Anam, C. (2016). PENGEMBANGAN KOMPUTER PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PROGRAM MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 DENGAN MATERI TENSES UNTUK SMP DI BIMBINGAN BELAJAR SANJAYA ENGLISH CLUB JOMBANG. SAINTEKBU, 3(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v3i1.44

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 > >>