PERAN KEPEMIMPINAN NYAI DI PONDOK PESANTREN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Lathifiyah II Tambakberas Jombang, Pondok Pesantren Nur Khadijah Den Anyar Jombang dan Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri)

  • Muhyiddin Zainul Arifin

Abstract

Nyai adalah tokoh-tokoh sentral di pondok pesantren sebagai pusat pembelajaran dan dakwah. Selain sebagai pemimpin, mereka adalah guru, teladan, dan sumber nasihat bagi para santri. Mereka memiliki peran yang substansial dalam mensosialisasikan konsep dan ajaran agama di pesantren. Penelitian bertujuan mendiskripsikan tentang Peran Kepemimpinan Ibu Nyai di Pondok Pesantren dengan pendekatan kualitatif multi situs pada 4 pondok pesantren.

           Berdasarkan temuan lintas situs tentang peran kepemimpinan Nyai sesuai dengan ketelaudanan Nabi Muhammad SAW bahwa peran kepemimpinan Nyai sebagai pelayan yang telah dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan santri dan pengurus pondok. Peran kepemimpinan Nyai sebagai penjaga yang telah dilakukan adalah memiliki tanggung jawab penuh terhadap kondisi pondok pesantren, menjamin santri dalam menempuh studinya sampai lulus. Berdasarkan temuan lintas situs tentang peran kepemimpinan Nyai menurut Covey dalam pondok pesantren dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan Nyai sebagai pencari alur menunjukkan telah memiliki visi misi. Penyusunan visi misi melibatkan semua komponen pondok. Visi misi telah disosialisasikan ke santri kecuali wali santri. Perencanaan ke depan pondok pesantren melibatkan seluruh komponen pondok pesantren. Sebagai penyelaras menunjukkan bahwa seluruh komponen  pondok pesantren terlibat dalam menjalankan visi misi, para santri sudah mengenal dan hafal isi visi misi. Sebagai pemberdaya terlihat bahwa pondok pesantren yang dipimpinnya memiliki program pemberdayaan santri dalam bentuk pelatihan dan keorganisasian.  Dalam pelaksanaan pondok pesantren yang dipimpin Nyai secara umum tidak mendapatkan bantuan dari luar, sumbangan banyak berasal dari keluarga Nyai sendiri.


Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Nyai, Pondok Pesantren, Multi Situs

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-17
How to Cite
Arifin, M. (2016). PERAN KEPEMIMPINAN NYAI DI PONDOK PESANTREN (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Lathifiyah II Tambakberas Jombang, Pondok Pesantren Nur Khadijah Den Anyar Jombang dan Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri). SAINTEKBU, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/saintekbu.v7i2.25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>