IMPLEMENTASI BLACK BOX TESTING PADA SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL

Authors

  • Hasan Bisri Isa Alfaris
  • Choirul Anam
  • Ali Masy'an

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v6i1.64

Abstract

Sistem informasi berbasis komputer adalah merupakan salah satu syarat bagi sebuah lembaga atau pendidikan yang menjamin keamanan dan kecepatan akses datanya. Dalam hal ini terutama lembaga pendidikan seperti pondok pesantren Al Anwar II Sarang yang belum memanfaatkan teknologi ini. Sangatlah disayangkan bila pondok pesantren ini yang masih menyajikan informasi data santrimya secara manual, sehingga masih terjadi keterlambatan ataupun hambatan dalam masalah waktu dalam penyelesaian.

Metode dalam penelitian ini adalahdilakukan dengan mengumpulkan data menggunakan cara observasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Kemudian dilakukan analisis data terhadap berbagai kebutuhan sistem yang ada kaitannya dengan Sistem Informasi Pendaftaran Santri, selanjutnya dilakukan perancangan sistem yang meliputi perancangan basis data dalam bentuk tabel, perancangan proses, perancangan keluaran, dan perancangan teknologi. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Black Box.

            Hasil perancangan sistem diwujudkan dalambentuk program aplikasi berupa Sistem Informasi Pendaftaran  santri di Pondok Pesantren Al Anwar II Sarang yang berbasis web dan database dengan menggunakan pemrograman PHP danMySQL. Pengujian Black Box dari hasil analisis input data bahwa proses input data berjalan lancar kecuali terjadi kesamaan kode yang nanti akan membuat sistem memunculkan pesan error. Pada pengujian editing dan updating data diperoleh bahwa komponen edit dan update data berfungsi dengan lancar sesuai yang diharapkan.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, pendaftaran santri   dan  Black BoxTesting

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

Alfaris, H. B. I., Anam, C., & Masy’an, A. (2016). IMPLEMENTASI BLACK BOX TESTING PADA SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. SAINTEKBU, 6(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v6i1.64

Issue

Section

Articles