DAMPAK SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN DI PESANTREN

Authors

  • Muhyiddin Zainul Arifin

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v5i1.55

Abstract

Pesatnya kemajauan teknologi informasi telah mendorong manusia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada setiap kegiatannya. Bidang-bidang seperti  e-commerce,  e-banking,  e-government misalnya, telah banyak memanfaatkan kemajuan TI dalam  aktivitasnya. Memasuki abad XXI ini, banyak institusi pendidikan, khususnya di luar negeri,  berusaha meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan memanfaatkan kemajuan TI melalui program e-learning.  Agar tidak tergerus laju TI maka Pesantren harus segera melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang selama ini dilaksanakan untuk meningkatkan produktifitas, kualitas dan kuantitas pengajar dan khususnya bagi pelajarnya berbasis system Informasi.

Pemanfaatan SI pada pembelajaran memberikan banyak keuntungan, baik bagi santri, ustadz, maupun pengelola pesantren. Pemanfaatan SI dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran dan pengelolaan pesantren. Di samping itu, dengan SI akan memperluas dan meningkatkan dakwah syiar islam dan pendidikan masyarakat.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pendidikan Pesantren, E-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

Arifin, M. Z. (2016). DAMPAK SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN DI PESANTREN. SAINTEKBU, 5(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v5i1.55

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 > >>