Pola Pikir Santri Pondok Pesantren Al Muhajirin 3 Tambakberas Jombang Terhadap Ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah (Aswaja) Tentang Tawasut Tawazun Dan Tasamuh

  • Hilyah Ashoumi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Nailul Khikam AH
Keywords: Pola pikir santri, tawasut, tawazun, tasamuh

Abstract

Pondok Pesantren Al Muhajirin 3 merupakan pesantren yang dimiliki oleh NU sebagai benteng untuk menanamkan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah juga pencentak bibit-bibit para pemikir yang mencerminkan karakteristik tawasut, tawazun, dan tasamuh untuk diinternalisasikan dalam
menghadapi gesekan-gesekan yang ditimbulkan dari paradigma keagamaan dan kebangsaan sebagai aplikasi pola pikir para santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pikir santri Pondok Pesantren Al Muhajirin 3 Tambakberas Jombang terhadap ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah (Aswaja) tentang tawasut, tawazun, dan tasamuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga proses analisis data yaitu datareduction (reduksi
data), datadisplay (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pikir santri Pondok Pesantren Al Muhajirin 3 Tambakberas Jombang masih relevan dengan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah yaitu taewasut, tawazun, dan tasamuh. Terbukti dalam keseharian santri Al Muhajirin 3 tidak ada yang tergiur dengan faham-faham yang beretentangan dengan Aswaja dan senantiasa menta’ati petuah, nasihat serta arahan para Kiai. Sehingga santri Al Muhajirin 3 bisa hidup dengan rukun, guyub dan meleburkan diri dalam kebersamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Lkis.
Abdusshomad, Muhyidin. 2018. Karakter Tawassuth, Tawazun, I’tidal, Dan Tasamuh Dalam Aswaja. http://www.nu.or.id/post/read.
Asy’ari. Muhammad Hasyim. Risalah Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama’ah : Fi Hadits Al-Mauta Wa Asyrath Al-Sa’at Wa Bayan Mafhum Al-Sunnah Wa Al-Bid’ah. Ter. Ngabdurrohman al-Jawi. 2011. Jakarta: LTM PBNU dan Pesantren Ciganjur.
Dur, Gus. 2018. Karakteristik Aswaja Sebagai Metode Berfikir. http://abdurrahmanwahid-gusdur-blogspot.com.
Effendi, Djohan.2010. Pembaharuan Tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gus Dur. Jakarta:
Kompas.
Getol, Gunadi. 2013. One Mind, One Heart, One Commitment (Satu Pikiran, Satu Hati, Satu Komitmen). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hamzah, Muchotob.(et.al). 2017.Pengantar Studi Aswaja AnNahdliyah.Yogyakarta: Lkis.
Published
2019-06-17
Section
Articles