NUBŻAH AL-BAYÃN SEBAGAI SOLUSI MENGUASAI KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KLASIK/KITAB KUNING

  • Siti Sulaikho Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
Keywords: Nubżah al-Bayãn, Santri, Membaca, Kitab Kuning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Nubżah al-Bayãn sebagai solusi bagi santri di Lembaga Pendidikan Islam Maktab Nubdatul Bayan Al-Majidiyah (LPI Maktuba Al-Majidiyah) untuk dapat membaca kitab klasik/kitab kuning dalam waktu singkat. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah apa yang dimaksud dengan Nubżah al-Bayãn dan bagaimana para santri di LPI Maktuba Al-Majidiyah mampu membaca kitab kuning dalam waktu singkat dengan menggunakan Nubżah al-Bayãn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Nubżah al-Bayãn merupakan rangkuman dari 5 kitab tatabahasa Arab, yaitu al-‘Imrĩṭĩ, Alfiyah Ibn Mãlik, Qawa’id al-I’rab, al-Maqsũd, dan Nubżah yang dikarang oleh KH. Abdul Majid bin Abdul Hamid. Nubżah al-Bayãn terdiri dari 7 buku kecil, yaitu 5 jilid buku pokok, 1 jilid Takmilah al-Bayãn sebagai penyempurna dan 1 jilid Anẓimah al-Bayãn yang berisi kumpulan naẓam. Masing-masing dari 5 jilid buku pokok ditempuh dalam 25 hari, sedangkan Takmilah al-Bayãn ditempuh dalam 1 bulan. Anẓimah al-Bayãn dipelajari bersamaan dengan buku pokok dan Takmilah al-Bayãn. Kelas yang terdiri dari kelompok kecil, peserta didik yang dituntut untuk aktif dan bersaing, serta sistem percepatan pada setiap kelas mampu membuat para santri menguasai keterampilan membaca kitab klasik/kitab kuning dalam waktu yang lebih singkat.

Kata Kunci: Nubżah al-Bayãn, santri, membaca, kitab kuning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M., Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bina Aksara, 1995.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1982.
Haedari, HM. Amin, dkk., Masa Depan Pesantren: dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press, 2004.
Madjid, Nurcholish, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nurhayati, Anin, Kurikulum Inovasi: Telaah terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Teras, 2010.
Rahardjo, M. Dawam. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M, 1985.
Published
2018-09-08