Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali

Main Article Content

Didin Sirojudin

Abstract

Pendidikan adalah salah satu unsur dari aspek sosial – budaya yang berperan sangat
strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat dan bangsa. Kesetrategisan peranan
ini pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah
dan berfilsafat, berpikir filsafat berarti berpikir secara mendalam tentang sesuatu. Begitu
pula dengan filsafat pendidikan, maka kita dituntut untuk berpikir secara mendalam
mengenai pendidikan. Seseorang mampu melakukan suatu apapun sebab memiliki ilmu.
Namun, dalam melakukan sesuatu, Islam memberikan batasan-batasan yang semuanya
termaktub dalam syari’at. Sehingga salah satu dari pemikir pendidikan / filosof pendidikan
Islam ini mengatakan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mendasarkan
orientasinya kepada al-Quran dan Hadith. Filosof Muslim ini adalah al-Ghazali, menurut alGozali pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT., bukan untuk mencari
kedudukan yang menghasilkan uang. Karena jika tujuan pendidikan diarahkan bukan pada
mendekatkan diri kepada Allah, akan dapat menimbulkan kedengkian, kebencian dan
permusuhan
Kata kunci : Filsafat, Pendidikan Islam, Al-Ghozali

Article Details

How to Cite
SIROJUDIN, Didin. Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali. DINAMIKA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 86-107, july 2017. ISSN 2548-6896. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/131>. Date accessed: 21 nov. 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.