ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN ATAS METODE RESERVASI TIKET ONLINE DAN OFFLINE PT. KERETA API INDONESIA (Studi Kasus Terhadap Stasiun Jombang)

Authors

  • Mohammad Thoha Syafi-in
  • Lailatus Sa'adah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Nur Qomariyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/margin.v3i1.2367

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen atas reservasi tiket online dan reservasi tiket offline PT. Kereta Api Indonesia dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan konsumen atas reservasi tiket online dan reservasi tiket offline.  Subyek penelitian ini adalah para konsumen PT. Kereta Api Indonesia. Kepuasan konsumen atas reservasi tiket online merupakan variabel X1 dan kepuasan konsumen atas reservasi tiket offline adalah variabel X2. Jumlah responden untung masing – masing variabel adalah 100 orang. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebar secara acak di Stasiun Jombang. pertanyaan dalam angket untuk konsumen reservasi tiket online berjumlah 14 pertanyaan dan untuk konsumen reservasi tiket offline berjumlah 10 pertanyaan. Angket dilengkapi dengan data umum para konsumen yakni jenis kelamin, usia dan pekerjaan. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen atas reservasi tiket online lebih tinggi dibandingkan kepuasan konsumen atas reservasi tiket offline. Dari data tersebut juga menghasilkan jawaban bahwa terdapat perbedaan antara kepuasan konsumen reservasi tiket online dan offline. Hal ini didasari oleh nilai probabilitas yang menunjukkan angka < 0,05 , yakni 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-23

Most read articles by the same author(s)