Permasalahan Mahasiswa Dalam Mempelajari Morfologi Bahasa Arab

Authors

  • Siti Sulaikho Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Renti Yasmar Institut Agama Islam Negeri Curup
  • khoirul Umam universitas kh. a. wahab hasbullah jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i1.3861

Keywords:

morphology, shorof, Arabic, morfologi, bahasa Arab

Abstract

This study aims to uncover students' problems in learning Arabic in morphological or shorof aspects. The research subjects were 35 PAI students in semester 3 in class E. Research instruments used 2 types of questionnaires, namely closed questionnaires and open questionnaires. This research belongs to the quantitative type. Data analysis is descriptive. The results showed that there are several aspects that cause students to have difficulty in learning Arabic morphology, namely: [1] only 11% of the terms in shorof science are known,[2] it is difficult to distinguish terms in shorof science by 14%, [3] The example used is always the same by 5%, [4] It is difficult to find 25% different examples,[5] The examples used are not words that are commonly encountered in everyday life so that they feel distant and unfamiliar by 8%, [6] One word can turn into a variety of words and confuse it by 17%, [7] Unable to grasp the intent of the word change by 6%, [8] It is difficult to translate into Indonesian by 0%, [9] Explanations that are difficult to understand by 6%, and [10] It is difficult to find learning resources that suit the needs of 8%.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan mahasiswa dalam mempelajari bahasa Arab pada aspek morfologi atau shorof. Subyek penelitian adalah 35 mahasiswa PAI semester 3 pada kelas E. Instrument penelitian menggunakan 2 jenis angket, yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Analisis data bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek yang menjadi penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari morfologi bahasa Arab, yaitu: [1] baru mengetahui istilah-istilah dalam ilmu shorof sebesar 11%, [2] sulit membedakan istilah-istilah dalam ilmu shorof sebesar 14%, [3] Contoh yang digunakan selalu sama sebesar 5%, [4] Sulit menemukan contoh yang berbeda 25%, [5] Contoh yang digunakan bukan kata yang biasa ditemui dalam keseharian sehingga terasa jauh dan asing sebesar 8%, [6] Satu kata dapat berubah menjadi berbagai kata dan membuat bingung sebesar 17%, [7] Tidak dapat menangkap maksud dari perubahan kata tersebut sebesar 6%, [8] Sulit menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebesar 0%, [9] Penjelasan yang sulit dipahami sebesar 6%, dan [10] Sulit menemukan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan sebesar 8%

 

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles