Pengembangan Buku Ajar Berbasis Konstruktivisme Mapel Al-Quran Hadits di MAN 1 Jombang

Authors

  • Mohammad Lazib Universitas KH. A. Wahab Hasbulah
  • Amrini Shofiyani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i1.3403

Keywords:

Textbooks, Al-Quran Hadis, Constructivism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Al-Quran Hadis berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 10 madrasah Aliyah negeri serta mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan dan kepraktisan dari buku ajar yang dikembangkan. Penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analyz, Design, Development, Implementation, Evaluasi) oleh Dick dan Carry. Pengumpulan data didapatkan dengan menggunakan penyebaran angket dan tes terhadap 67 peserta didik. Hasil penelitian ini berdasarkan ahli materi pertama dan kedua menunjukkan angka 80,56% dikategorikan cukup valid dapat digunakan namun perlu revisi. Hasil uji coba produk yang dilaksanakan untuk mengukur kepraktisan produk diperoleh dari angket responden sebesar 88,11%. Dan hasil uji coba yang dilaksanakan untuk mengukur keefektifan produk diperoleh dari pretest 40% dan posttest 79%. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan dalam kategori kepraktisan sangat baik dan dinilai efektif

Downloads

Published

2023-04-04

Issue

Section

Articles