SELF-ESTEEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Self-Esteem in Mathematics Education

Authors

  • Eliza Verdianingsih

Abstract

ABSTRAK

 

Tumbuhnya perasaan aku bisa dan aku berharga merupakan inti dari pengertian self-esteem. Self-esteem dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa, oleh karena itu self-esteem merupakan salah satu aspek afektif yang harus dimiliki oleh siswa. Self-esteem siswa ditentukan oleh seberapa besar siswa merasa bahwa dirinya berharga, seberapa besar siswa menyukai dirinya sendiri dan semakin positif self-esteem yang dimiliki siswa maka akan semakin tinggi juga prestasi yang akan diraih. Self-esteem matematis dalam artikel ini dapat diartikan sebagai penilaian siswa terhadap dirinya sendiri tentang kemampuan, keberhasilan, kemanfaatan dan kebaikan diri mereka sendiri dalam matematika. Guru mempunyai peran yang penting dalam pembentukan self-esteem matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Jika siswa memiliki self-esteem matematis yang tinggi maka siswa akan lebih menyenangi pelajaran matematika dan dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Dengan demikian tidak akan ada siswa yang merasa dirinya tidak mampu lagi dalam menyelesaikan masalah matematika, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran matematika.

Kata kunci: pembelajaran matematika, self-esteem, self-esteem matematis.

 

ABSTRACT

 

Self-esteem is referred to as the growth of “I can and I am worthy†feeling. Self-esteem can determine students’ achievement. Therefore self-esteem is one of the affective aspects which should be possessed by students. Students’ self-esteem is determined by whether the students feel that they are worthy, how much the students like themselves. The higher the self-esteem, the higher the students’ achievement gets. Self-esteem in mathematics education in this paper will be defined as how the students assess themselves regarding their ability, success, usefulness, and their goodness in mathematics. Teacher plays an important role in increasing students’ mathematic self-esteem in mathematics education. If student have a high level of mathematics self-esteem, student will be more attracted to mathematics and are able to solve mathematical problems easily. Hence, students will be able to solve mathematical problem and further improve their achievement.

Key words: mathematics education, self-esteem, mathematics self-esteem.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-19

How to Cite

Verdianingsih, E. (2018). SELF-ESTEEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Self-Esteem in Mathematics Education. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 3(2), 7–15. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/192

Issue

Section

Articles