PENERAPAN LESSON STUDY DIPADU PENGAJARAN INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MICROTEACHING MAHASISWA PGMI IAIN TULUNGAGUNG PADA BAHASAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN
Abstract
ABSTRACT
This research purpose was for increasing fourth semester PGMI IAIN Tulungagung students microteaching activity in the environmental knowledge material..The subjects of the research were 35 students of 4th semester PGMI IAIN Tulungagung in the 2015/206 period learning. The methods have been used to collect the data are observation, question-answer, and science disscussion methods. The result shows that students’ study activity increased. Indicators of the result were students’ readiness of planning microteaching activity and answering the lecture’s question about pedagogy.
KEYWORDS: lesson study, individual learning, microteaching
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas microteaching yang dipraktikkan mahasiswa program studi strata 1 pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) semester 4 tahun ajaran 2015/2016 IAIN Tulungagung pada pokok bahasan pengetahuan lingkungan. Subyek penelitian adalah mahasiswa PGMI semester 4 tahun ajaran 2015/2016 IAIN Tulungagung, yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tanya jawab, dan diskusi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kesiapan mahasiswa dalam merencanakan aktivitas microteaching dan kesiapan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dosen pengampu tentang konsep keterampilan mengajar.
KATA KUNCI: lesson study, pengajaran individu, microteaching