Pendampingan Belajar Desain Grafis bagi Generasi Z melalui Aplikasi Corel Draw di Desa Bandarkedungmulyo

  • muhammad Kris Yuan Hidayatulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Midkhal Hamid Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Suslinda Arianti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Abd Kholid UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Keterampilan dibidang desain grafis sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja seperti bidang percetakan, advertising, multimedia, fashion, dan industri-industri kreatif lainnya.  Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan desain grafis bagi Pemuda di Desa Bandarkedungmulyo yang sedang mengenyam bangku pendidikan SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi dengan menggunakan Aplikasi Corel Draw. & membuka peluang usaha di bidang Desai Grafis.

Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode ceramah, diskusi, dan workshop (pelatihan) (Djamarah & Zain, 2014). Metode ceramah dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi pembelajaran desain grafis menggunakan Corel Draw dan pengenalan tombol icon dan fungsinya. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat merancang pembelajaran desain grafis dengan aplikasi Corel Draw untuk pemuda-pemudi di desa Bandarkedungmulyo.

Hasil  penilaian keterampilan pemuda pemudi desa bandar kedungmulyo menunjukkan bahwa 70% peserta pelatihan memiliki keterampilan yang baik ketika merancang dan membuat desain corel draw. Sebanyak 30% peserta pelatihan dalam kategori dengan keterampilan yang cukup baik dimana dipengaruhi oleh anak anak yang masih di tingkat SMP.

Published
2021-04-30
How to Cite
Hidayatulloh, muhammad K. Y., Hamid, M., Arianti, S., & Kholid, A. (2021). Pendampingan Belajar Desain Grafis bagi Generasi Z melalui Aplikasi Corel Draw di Desa Bandarkedungmulyo. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7-10. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1167
Section
Articles