ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DI MTs. ARROSYIDIN PULOGEDANG TEMBELANG JOMBANG

Main Article Content

Khoirul Anam Hasan Bisri Isa Alfaris Siti Sufaidah

Abstract

Pada dasarnya penggajian adalah hal pokok yang dapat mempengaruhi kinerja suatu lembaga. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan di Mts. Arrosyidin Pulogedang, telah diketahui bahwa sistem penggajian pegawai yang diterapkan selama ini masih menggunakan sistem inputan yang sangat sederhana walaupun pada kenyataannya proses entry data dan penggajian pegawai telah mengadopsi sitem komputerisasi, tidak lebih dari itu kegiatan pengelolaan perihal administrasinya masih menggunakan prosedur secara manual. Secara khusus penggunaan aplikasi program komputer terkait masalah penggajian masih belum ada, untuk keperluan ilmiah inilah penulis berusaha sebisa mungkin memberikan sumbangsih bagi pihak lembaga untuk mempermudah tugas pegawai administrasi terkait masalah penggajian pegawai setiap bulannya. Dalam hal ini nantinya akan dihasilkan sebuah rekap gaji pegawai dan printout slip gaji pegawai di setiap bulannya.

Dengan mengadopsi sistem komputerisasi sebagai perangkatnya di dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, diharapkan dengan adanya asupan sistem yang baru, kegiatan pengolahan data dan pembuatan laporan penggajian pegawai dapat dilakukan secara efektif dan efisien, karena kecepatan dan keakurasian dalam penyajian informasi saat ini sangat diharapkan bagi banyak khalayak. Untuk keperluan itulah mengapa peran teknologi informasi sangat diperlukan di segala aspek bidang kerja manusia. Apalagi dalam hal ini terkait tentang prosedur penggajian pegawai di setiap bulannya

Dalam pengolahan data dan pembuatan laporan penggajian dalam hal ini penulis menggunakan bahasa program Visual Foxpro, sedang untuk kegiatan analisis dan desain sistemnya menggunakan alat bantu antara lain: Diagram Alir Data (FlowChart), Data Flow Diagram (DFD), Kamus Data (KD), Tabel Relasi, dan Entity Relationship Diagram (ERD).

Oleh karena itu dengan adanya langkah penganalisaan tersebut di atas diharapkan dapat menunjang kebutuhan dalam proses perancangan dan pembuatan program, dan tentunya perihal tentang masalah penanganan gaji pegawai dapat teratasi dengan baik, sehingga dari hasil akhir nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih bagi pihak analis pada khususnya dan bagi pihak lembaga yang terkait pada umumnya.

Kata kunci : Sistem Informasi Penggajian Pegawai, Visual Foxpro

Article Details

How to Cite
ANAM, Khoirul; ALFARIS, Hasan Bisri Isa; SUFAIDAH, Siti. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DI MTs. ARROSYIDIN PULOGEDANG TEMBELANG JOMBANG. SAINTEKBU, [S.l.], v. 5, n. 1, aug. 2016. ISSN 2541-1942. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/54>. Date accessed: 18 jan. 2018.
Section
Articles