SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN ABSENSI SISWA BERBASIS SMS (Short Message Service) Studi Kasus di MTsN Tambakberas Jombang

Main Article Content

Siti Sufaidah

Abstract

Tujuan Penelitian ialah untuk meningkatkan layanan informasi absensi kepada orang tua/wali siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang. Dengan metode analisis maka sistem yang sedang digunakan atau berjalan pada suatu lembaga dapat diketahui kekurangan serta kebutuhan dari lembaga tersebut. Hasil analisis tersebut dibuat ke dalam laporan yang nantinya akan digunakan sebagai panduan untuk merancang suatu sistem. hasil rancangan sistem tersebut dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat suatu aplikasi.

Penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambakberas Jombang didapatkan hasil bahwa lembaga pendidikan tersebut mempunyai kendala dalam menangani absensi siswa, karena untuk menangani masalah absensi diperlukan kerjasama antara pihak sekolah dan pihak orang tua atau pihak-pihak lain yang terkait. Sedangkan sarana yang digunakan untuk menghubungkan antara pihak sekolah dan orang tua sangat terbatas. Dengan adanya masalah tersebut didapatkan solusi yaitu dengan membuatkan sebuah sistem informasi pemantauan absensi siswa dalam bentuk aplikasi yang berbasis SMS (Short Message Service). Aplikasi absensi berbasis SMS secara otomatis akan mengirim pesan ke orang tua jika anak didiknya tidak masuk sekolah dengan biaya yang murah dan orang tua pun dapat melihat rekap absensi anaknya dengan mengirimkan SMS request. Dengan adanya aplikasi tersebut komunikasi antara pihak sekolah, orang tua dan pihak yang terkait diharapkan dapat berjalan baik. Kesimpulan dan saran dari hasil penelitian ini adalah dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada di dalam lembaga pendidikan tersebut, dan juga diharapkan bahwa aplikasi ini dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kata kunci : Absensi, SMS, Siswa, Orang Tua

Article Details

How to Cite
SUFAIDAH, Siti. SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN ABSENSI SISWA BERBASIS SMS (Short Message Service) Studi Kasus di MTsN Tambakberas Jombang. SAINTEKBU, [S.l.], v. 2, n. 1, aug. 2016. ISSN 2541-1942. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/41>. Date accessed: 18 jan. 2018.
Section
Articles