Abstract

Tingginya tingkat turnover intentions telah menjadi masalah serius bagi banyak lembaga pendidikan , bahkan pihak manajemen  lembaga pendidikan mengalami frustasi ketika mengetahui bahwa proses pendaftaran  yang telah berhasil menjaring calon santri yang berkualitas pada akhirnya ternyata menjadi sia-sia karena siswa yang baru diterima telah memilih studi di lembaga pendidikan lain. Untuk mencapai tingkat kepuasan studi yang maksimal dalam setiap pelaksanaan studi, siswa akan selalu menghadapi faktor-faktor yang diperkirakan dapat mempengaruhi kepuasan studi. Faktor-faktor tersebut dapat berupa konflik santri –keluarga.

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui hubungan antara pengaruh konflik santri-keluarga dan kepuasan studi terhadap turnover intentions di pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan 3 (tiga) variable, yaitu variable independen turnover Intention  dan konflik santri-keluarga sebagai variable eksogen  serta variable dependen  (variable endogen) yaitu  kepuasan studi santri pondok pesantren

Analisis statistik yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis).  Model ini menganalisis pengujian hubungan kausal antara variable laten (model structural) dan analisis pengujian validitas dan reabilitas yang didasarkan pada variable manifest (model pengukuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak terstratifikasi (Stratified random sampel), yaknik mengambil sampel secara acak proporsional dari masing-masing lokasi pondok putri di lingkungan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Jombang.

            Dari hasil analisis data diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara turnover intension dan konflik santri-keluarga terhadap kepuasan studi santri putri di pondok pesantren.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

  1. P31 = 0,092, t = 0,912, p-value = 0,364 > 0,05, atau Ho diterima, yang berarti tidak terdapat pengaruh Turnover Intention terhadap kepuasan studi santri putri di pondok pesantren.
  2. P32 = - 0,032, t = -0,32, p-value = 0.750 > 0,05, atau Ho diterima, yang berarti tidak terdapat pengaruh konflik santri-keluarga terhadap kepuasan studi santri putri di pondok pesantren.

Dengan demikian turnover intension dan konflik santri-keluarga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan studi santri putrid di pondok pesantren.

Kata kunci: Turnover  Intenstion, Path Analyisis, Stratified Random Sampel