PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN

PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN

  • Ainun Mufidah Universitas KH A. Wahab Hasbullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media kartu bergambar pada proses pembelajaran materi Struktur Jaringan Hewan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MA Nizhamiyah Ploso yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Sedangkan untuk menganalisis data dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 47,5 dan nilai rata-rata posttest adalah 76, hal ini berarti hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,5. Berdasarkan paparan diatas, dengan menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi materi Struktur Jaringan Hewan Kelas XI MIA MA Nizhamiyah Ploso Jombang.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Kartu Bergambar pada Materi Struktur Jaringan Hewan, Hasil Belajar Kognitif, MA Nizhamiyah Ploso.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-11
How to Cite
Mufidah, A. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR JARINGAN HEWAN. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 4(2), 46-50. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/eduscope.v4i2.449
Section
Articles