IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI VEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Anis Nurfaida Universitas KH.A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di MA Nizhamiyah Ploso pada pokok bahasan vektor. Subjek ujicoba adalah siswa kelas X MIA MA Nizhamiyah Ploso tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari skor gain rata-rata yang dinormalisasi berdasarkan skor rata-rata pretest dan posttest. Setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif STAD, seluruh siswa tuntas untuk materi vektor dengan proporsi rata-rata jawaban siswa sebesar 87,75. Secara keseluruan semua kelas tuntas secara klasikal. Nilai n-gain sebesar 2,821 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Fisika metode STAD pada pokok bahasan vektor dapat menuntaskan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-09-14

How to Cite

Nurfaida, A. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI VEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 53–58. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.417