PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM PERKULIAHAN MAHAROTUL KALAM ( KETERAMPILAN BERBICARA )

Authors

  • Amrini Shofiyani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Nurul Hidayah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.379

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pelaksanaan lesson study dalam  perkuliahan maharah kalam pada program studi pendidikan bahasa arab semester satu angkatan 2018 di Universitas Negeri Malang. Lesson  study baru diterapkan dalam proses perkuliahan maharah kalam program studi pendidikan bahasa arab di Universitas negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang dosen model dan 4 orang pengamat (observer), 1 orang fasilitator yang ahli di bidangnya dan 29 orang mahasiswa kelas A semester satu angkatan 2018 Universitas Negeri Malang yang mengikuti matakuliah maharah kalam. Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi (daftar checklist), dan studi dokumentasi. Pelaksanaan open lesson dalam perkuliahan maharah kalam pada materi mufrodat untuk memberikan banyak kosakata untuk mempermudah berbicara bahasa asing khususnya bahasa arab. Pada tahapan perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), dan Refleksi (See) yang dilakukan oleh dosen model, fasilitator yang berpengalaman di bidang lesson study beserta dosen magang program magang dosen kemenristekdikti 2018 selaku observer sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan panduan pedoman lesson study.

Kata Kunci : Kalam, Maharah, Lesson Study

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

Shofiyani, A., & Hidayah, N. (2019). PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM PERKULIAHAN MAHAROTUL KALAM ( KETERAMPILAN BERBICARA ). EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.379