PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

Authors

  • nuryadi nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh metode Index Card Match/ ICM(mencari pasangan kartu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspeimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Dalam penelitian ini , kelas VIII B adalah kelompok kontrol sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas VIII D adalah kelompok eksperimen sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode ICM (mencari pasangan kartu).Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode Index Card Match dan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Selain itu, pengaruh metode Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Seyegan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-24

How to Cite

nuryadi, nuryadi. (2019). PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i1.343