A Penerapan Model Kooperatif Tipe TPSq (Think Pairs Square) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

  • Muhammad Farid Nasrulloh UNWAHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakrta.  Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square).

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket kreativitas siswa, hasil wawancara siswa dan guru, tes siklus, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (Think Pairs Square) dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 76%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor tes siklus pada kelas V SD Negeri III Kotagede yaitu dari 60.72 menjadi 77.44. Prestasi belajar siswa dapat tercapai dari adanya perubahan tindakan yang dilakukan dengan mengubah pembelajaran sebelumnya. Siswa dapat menyimak, berfikir, berpasangan, dan berbagi berempat, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuannya sendiri, bertanggung jawab, dan adanya kepercayaan terhadap diri sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
Section
Articles