PROBLEMATIKA DALAM MELAKUKAN TINDAKAN REFLEKTIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Lilis Anifiah Zulfa

Abstract

ABSTRACT

Development of education are very fast, as globalization and technology advance, so that teachers’ competency and skills must be improved. Bahasa Indonesia, is one of subjects that many people say it is easy, but that is not same as the fact. The national test’s result of Bahasa Indonesia was the worst than other subjects, and mostly students can use Bahasa Indonesia well. Bahasa Indonesia teachers have to solve this problem by doing some self evaluations, find a method or technique that suitable for the subject, and knowing the student’s characteristic. One important thing to do is reflection, evaluating the learning process. Advantages of this reflection are helping teacher to evaluate the learning process, include the media, method, material, students, and the teacher itself. The problems of the reflection are time management and variative reflection. Solution of the problems is making a reflective journal.

KEYWORDS: reflection, problematic, reflective journal

 

ABSTRAK

Perkembangan dunia pendidikan semakin cepat, seiring dengan kemajuan teknologi dan globalisasi. Hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan profesional dan keterampilan pelaku utama pendidikan, yaitu guru. Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang sering dianggap mudah, namun hasilnya sering mengecewakan. Nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia lebih rendah dari mata pelajaran lain, dan masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.Upaya yang dapat dilakukan guru Bahasa Indonesia untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengevaluasi diri, menemukan metode dan teknik pembelajaran yang sesuai, dan mengenal karakteristik siswa. Salah satu tindakan pembelajaran yang penting untuk dilakukan adalah tindakan reflektif, yaitu tindakan meninjau kembali proses pembelajaran yang telah dilakukan. Manfaat tindakan reflektif adalah guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran, termasuk media, metode, materi, siswa, bahkan penampilan guru sendiri. Problematika yang dijumpai dalam kegiatan reflektif adalah kesulitan guru dalam mengatur waktu dan jenis tindakan reflektif yang bervariasi. Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi problematika ini adalah dengan membuat jurnal refleksi. 

KATAKUNCI: tindakan reflektif, problematika, jurnal refleksi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Zulfa, L. A. (2018). PROBLEMATIKA DALAM MELAKUKAN TINDAKAN REFLEKTIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 2(2), 120–129. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/186

Issue

Section

Articles